Berita

10 Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Kesehatan dan Kulit

Jakarta, Radar Ciangsana –

Minyak pohon teh bukanlah hal baru bagi orang Indonesia. Berbagai produk Kecantikan dan kulit juga menggunakan banyak konten ini. Ada sejumlah manfaat minyak pohon teh.

Pohon teh merupakan minyak esensial yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku.

Minyak esensial ini dihasilkan dari Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Queensland dan New South Wales, Australia.

Meskipun Melaleuca alternifolia Dikenal sebagai pohon teh, tidak sama dengan tanaman penghasil daun yang digunakan untuk membuat teh hitam, hijau, dan oolong.

Minyak ini telah digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Aborigin selama berabad-abad. Penduduk asli Australia ini meremukkan daun pohon teh untuk diambil minyaknya, yang kemudian dihirup untuk mengobati batuk dan pilek atau dioleskan langsung ke kulit untuk penyembuhan.

Manfaat minyak pohon teh didapat dari kandungan senyawanya, di antaranya terpinen-4-ol, yang telah terbukti dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur tertentu. Terpinen-4-ol juga meningkatkan aktivitas sel darah putih Anda, yang membantu melawan kuman dan penyerang asing lainnya. Sifat melawan kuman ini membuat minyak pohon teh menjadi obat alami yang berharga untuk mengobati kondisi kulit bakteri dan jamur, mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Berikut manfaat minyak pohon teh:

1. Pembersih tangan
Mengutip Healthline, minyak esensial ini adalah pembersih tangan alami yang ideal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu membunuh beberapa bakteri dan virus umum yang menyebabkan penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae dan H. influenzae. Selain itu, sebuah penelitian yang menguji beberapa jenis pencuci tangan menunjukkan bahwa menambahkan minyak pohon teh ke pembersih meningkatkan keefektifannya terhadap E. coli.

2. Pengusir serangga
Satu studi menemukan bahwa 24 jam setelah diberi minyak pohon teh, sapi memiliki 61 persen lebih sedikit lalat daripada sapi yang tidak diberi minyak.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa minyak pohon teh memiliki kemampuan lebih besar untuk mengusir nyamuk daripada DEET, bahan aktif paling umum dalam pengusir serangga komersial.

3. Deodoran alami
Efek antibakterinya dapat membantu mengontrol bau ketiak yang berhubungan dengan keringat.

Keringat akan tercium bila ada bakteri di kulit. Sifat melawan bakteri minyak pohon teh menjadikannya alternatif alami yang ideal untuk deodoran dan antiperspiran komersial.

4. Luka ringan antiseptik
Cedera yang menyebabkan kulit pecah-pecah memudahkan kuman masuk ke aliran darah Anda, yang dapat menyebabkan infeksi.

Minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengobati dan mensterilkan luka kecil dan lecet dengan membunuh S. aureus dan bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi pada luka terbuka.


10 Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Kesehatan dan Kulit


BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button