Berita

3 Cara Untuk Berhenti Bekerja Malas: Okezone Economy

JAKARTA – Biasanya setelah menikmati liburan panjang lalu masuk kerja terasa kurang semangat alias malas. Pekerja juga membutuhkan adaptasi untuk membangkitkan kembali rasa antusias tersebut.

Cara menghindari rasa malas bagi setiap pekerja berbeda-beda. Ini tergantung dari kebiasaan, hobi dan pengalaman masing-masing. Beberapa orang harus berolahraga di pagi hari, mendengarkan lagu kesukaannya, minum kopi, dan sebagainya.

Namun, ada beberapa tips yang mungkin bisa digunakan semua orang untuk menghilangkan rasa malas sekaligus bekerja efektif. Cara universal berikut ini dapat menjadi solusi untuk mengubah sudut pandang tentang bagaimana kemalasan harus ditentang secara mendasar.

Baca juga: Bagaimana menanggapi saat menegosiasikan gaji perusahaan

Simak beberapa tips menghilangkan rasa malas saat bekerja, dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (25/5/2021).

1. Ketahui akar masalahnya dan temukan solusinya

Hal mendasar pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui alasan dasar atau akar penyebab kemalasan. Apakah kemalasan disebabkan oleh terlalu banyak tugas? Takut dengan hasil yang tidak memuaskan dan menunda waktu yang tepat?

Baca juga: Jenis Pencari Kerja Biasa Vs Luar Biasa

Setelah menemukan alasannya, lawan penyebabnya. Pekerja juga bisa meminta bantuan rekan kerja atau orang terdekat lainnya untuk membasmi kemalasan.

2. Ubah pola pikir

Cobalah singkirkan pikiran negatif yang membuat Anda malas. Pikiran negatif bisa datang dari mana saja, bisa jadi karena Anda terlalu cemas dengan pekerjaan yang akan datang, atau karena masalah internal lainnya. Cari bantuan profesional jika hal negatif mengganggu produktivitas.

Ketika mereda, segera lakukan tugas tersebut, karena semakin banyak hal itu dihindari, semakin banyak tugas yang menumpuk dan semakin malas untuk melakukannya secara otomatis.

3. Motivasi diri

Beri diri Anda penghargaan atau penghargaan diri setelah bekerja keras. Rencanakan daftar keinginan apa yang ingin Anda beli, atau jadwalkan permainan dengan teman dan liburan bersama.

Motivasi berupa penghargaan diri dapat meningkatkan semangat untuk segera menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas. Sehingga nantinya Anda bisa terbiasa dengan semangat menyelesaikan tugas.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button