Info Aktual

3 Sebab Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 Ditunda Mendikbud

Tak hanya itu, Mantan Bos Gojek Indonesia itu memilki pertimbangan tersendiri untuk memilih menunda pelaksanaan AN ketimbang meniadakannya di tahun 2021 ini.

Nadiem berujar jika 2021 AN ditiadakan layaknya Ujian Nasional (UN) pada 2020, maka pihaknya akan kesulitan untuk mengevaluasi kondisi sekolah-sekolah di Tanah Air. 

“Kalau 2021 pun kalau misalnya tidak dilaksanakan, kita tidak akan punya daya point base lain. Artinya kita tidak akan bisa mengetahui mana sekolah-sekolah atau daerah-daerah yang paling tertinggal,” ujarnya dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu 20 Januari kemarin. 

Jika seperti ini, menurut Nadiem pihaknya bakal kelimpungan untuk membuat rencana penganggaran bagi sekolah yang membutuhkan. 

“Kalau kita tidak bisa mengetahui mana sekolah-sekolah yang paling tertinggal, kita tidak bisa membuat strategi penganggaran, strategi bantuan untuk sekolah-sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita,” jelasnya. 

“Inilah alasan terpenting harus ada baseline terhadap Asesmen Nasional di tahun 2021,” imbuhnya. 

Menurut Nadiem, hasil AN 2021 bakal digunakan sebagai patron untuk melihat kualitas pendidikan di Indonesia pada tahun selanjutnya.

 

(Muhammad Sulthan Amani)

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button