Berita

50 Kegiatan Meriahkan Kalender Event Jawa Barat 2021: Okezone Travel

LAYANAN Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menuturkan acara dalam Kalender Jabar Event 2021 kalender event bertajuk Smiling West Java akan dilaksanakan secara online dan offline serta kombinasi keduanya, karena masih dalam masa Covid. -19 pandemi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengungkapkan, seluruh event yang ada dalam Kalender Event Jabar 2021 dipastikan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentunya karena adanya pandemi Covid-19 maka program kesehatan akan menjadi hal utama dalam Kalender Kegiatan Jabar 2021,” kata Dedi.

Menurut Dedi, penyesuaian tersebut akan diterapkan pada teknis pelaksanaan dan ada beberapa agenda yang menggunakan sistem online yang diterapkan pada suatu pagelaran seni budaya.

Baca juga: Kunjungi Lokananta, Gibran dan Wishnutama Kemungkinan Mendirikan Sandbox di Solo

“Jadi ada beberapa konsep event dengan konsep hybrid, offline dan online. Ada pentas seni budaya, ada juga yang menampilkan keindahan alam. Intinya, protokol kesehatan ini mutlak diperlukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang masuk dalam Kalender Peristiwa Jabar 2021 sudah dikurasi banyak pihak, termasuk tim ahli dan dari sekitar 342 agenda yang masuk, hanya 50 kegiatan yang dianggap memenuhi kriteria.

Kriteria yang dimaksud Dedi melanjutkan, selain unik, komersial, kreatif dan memiliki nilai budaya, tim ahli menilai aspek komitmen kepala daerah.

Baca juga: Pasar di Tepi Sungai Kapuas, Pontianak Diatur untuk Destinasi Wisata

Hal ini dikarenakan pengajuan untuk agenda tersebut berasal dari kota kabupaten, sehingga harus siap dengan segala urusan pelaksanaan, promosi, termasuk protokol kesehatan.

“Kurasi ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga mau tidak mau harus ada penyesuaian kriteria. Sebab, selain upaya pertumbuhan ekonomi, masalah kesehatan juga tetap penting,” ujarnya.

Dedi melanjutkan, untuk skala Jabar ada 50 agenda, kemudian yang didorong menjadi agenda skala nasional sebanyak 10 agenda dan fokusnya lebih pada budaya dan pariwisata berbasis alam.

Lebih lanjut ia menuturkan, dari 50 agenda skala Jabar yang termasuk dalam program ini, antara lain Bandung Design Bienalle (Kota Bandung), Sapta Wara Wayang Kulit (Kabupaten Cirebon), Festival Waduk Darma (Kabupaten Kuningan), Festival Seni Situ Gede ( Kota Tasikmalaya).

Sedangkan agenda yang masuk dalam skala nasional antara lain Festival Asia Afrika (Kota Bandung), Fwstival Musik Keramik (Kabupaten Majalengka), Festival Tari Topeng (Kota Cirebon), dan Seren taun Ciptagelar (Kabupaten Sukabumi).

Ia menambahkan, kunjungan wisatawan nusantara pada 2019 ke Jabar mencapai 62 juta orang. Sedangkan 1,8 juta wisatawan mancanegara.

Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 membuat pencapaian kunjungan wisatawan menurun karena adanya kebijakan skala luar negeri dan dalam negeri yang membatasi pergerakan manusia.

Karenanya, kata Dedi, tahun ini sektor pariwisata menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan perekonomian. Program Kalender Event Jawa Barat 2021 merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten kota.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button