Kilas Info Nasional

Anggota Tim Penyelidik Covid-19 WHO Ingin Periksa Gua Kelelawar…

loading…

WUHAN – Seorang anggota tim penyelidik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) m engatakan, pekerjaan diperlukan untuk mencoba melacak elemen genetik virus di gua kelelawar di Wuhan, China. Tim penyelidik itu saat ini masih berada di Wuhan untuk menyelidiki asal usul Covid-19.

Peter Daszak, ahli zoologi dan ahli penyakit hewan, mengatakan, tim di Wuhan telah menerima informasi baru tentang bagaimana virus, yang pertama kali diidentifikasi di kota itu pada akhir 2019, menyebabkan pandemi. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut, tetapi mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa itu muncul dari laboratorium.

Daszak yang terlibat dalam penelitian tentang asal-usul Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) dari 2002 hingga 2003, menelusuri akarnya ke kelelawar yang tinggal di sebuah gua di provinsi barat daya Yunnan.

“Penelitian serupa perlu dilakukan jika kita ingin menemukan asal mula satwa liar yang sebenarnya dari Covid-19, kata Daszak, yang juga merupakan presiden Aliansi EcoHealth yang berbasis di New York.Baca juga: Tim Penyelidik COVID-19 WHO Kunjungi Lab Riset Virus Wuhan

“Pekerjaan semacam itu untuk menemukan kemungkinan sumber kelelawar itu penting karena jika Anda dapat menemukan sumber virus mematikan ini. Anda dapat mengurangi kontak dengan hewan-hewan itu,” sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (4/2/2021).

Dia mengatakan, tim di Wuhan telah menerima informasi baru tentang bagaimana virus itu menyebabkan pandemi, tetapi tidak merinci lebih lanjut.

“Saya melihat gambaran yang datang dari beberapa skenario tampak lebih masuk akal daripada sebelumnya,” katanya.

Satu skenario yang sedang diteliti lebih dekat oleh tim adalah kemungkinan bahwa virus tersebut mungkin telah beredar jauh sebelum pertama kali diidentifikasi di Wuhan.

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button