Ekonomi

Angkasa Pura Jambi menargetkan penerbangan kembali normal pada Minggu

Jambi (Radar Ciangsana) – Manajemen PT Angkasa Pura II Sulthan Thaha Bandara Jambi menargetkan pemindahan pesawat PK-LUT Batik Air dari landasan bandara selesai pada Minggu pagi agar penerbangan reguler kembali normal.

“Kami berharap pemindahan pesawat ke apron bisa dilakukan pada Minggu pagi. Semoga jadwal penerbangan besok bisa kembali normal,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Sulthan Thaha Bandara Jambi Indra Gunawan di Jambi, Sabtu.

Menurut Indra, proses evakuasi pesawat dilakukan oleh tim mekanik dari perusahaan penerbangan dan tim bandara.

Hingga Sabtu malam, posisi pesawat berbadan lebar itu masih berada di tengah landasan bandara.

“Menunggu ‘suku cadang‘dan peralatan dikirim dari Batam. Dikirim menggunakan pesawat ATR dengan jadwal malam ini pukul 00.00 WIB berangkat dari Batam, “ujarnya.

Sedangkan pada sore dan malam hari di Kota Jambi dan sekitarnya hujan turun cukup deras. Meski demikian, Indra Gunawan berharap pada saat perbaikan dan proses evakuasi sudah mereda.

Baca juga: Pesawat Batik Air Jambi-Jakarta terpaksa mendarat lagi di Jambi
Baca juga: Batik Air mendarat kembali di Jambi karena masalah pada roda depan

Pesawat terpaksa melakukan pendaratan lagi di bandara pemberangkatan, Bandara Sulthan Thaha Jambi akibat masalah roda depan pesawat.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu. Seluruh penumpang selamat dan langsung turun dari pesawat begitu sampai di bandara.

Hingga Sabtu malam pesawat masih di landasan pacu sehingga sejumlah jadwal penerbangan pada Sabtu di bandara dibatalkan.

“Semua tim sudah bergerak, petugas langsung menangani penumpang dengan maksimal. Alhamdulillah semua penumpang selamat, “kata Indra Gunawan.

Batik Air yang mendaftarkan PK-LUT dengan nomor penerbangan ID-6803 itu membawa 114 orang dewasa, dua anak dan satu balita serta enam awak.

Baca juga: Saat melakukan pendaratan darurat, Batik Air masih berada di landasan pacu Bandara Jambi
Baca juga: Diblokir Batik Air, Lima Jadwal Penerbangan di Bandara Jambi “Batalkan”

Corporate Communications Strategic Batik Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa penerbangan Batik Air ID-6803 pada Sabtu (6/3) harus diberangkatkan dari Bandara Sultan Thaha Jambi (DJB) menuju Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang ( CGK). Keberangkatan tersebut sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) dan pedoman protokol kesehatan.

Penerbangan Batik Air ID-6803 sudah dipersiapkan dengan baik. Jadwal pemberangkatannya pukul 13.00 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT + 07) dan harus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.10 WIB, ujarnya.

Danang juga menjelaskan, sebelum dioperasikan, registrasi Airbus 320-200 PK-LUT telah melalui pemeriksaan terlebih dahulu yaitu sebelum diterbangkan (pre flight check) dan dinyatakan laik terbang dan operasional (airworthy for flight).

Reporter: Syarif Abdullah
Editor: Sri Muryono
REPOST Radar Ciangsana 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button