Kilas Info Daerah

Berdayakan UMKM Saat Pandemi, Tingkatkan Produk Dalam Negeri

Radarciangsana.com – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerja sama dengan Accor Group dan Bank Negara Indonesia (BNI) membuat program untuk meningkatkan perekonomian dengan memberdayakan UMKM. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo.

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan produk lokal. Pada Januari 2021, data menunjukkan sekitar 4 juta UMKM telah diberdayakan.

Target kegiatan ini sekitar 30 juta UMKM. Masing-masing UMKM mendapatkan 500 juta sekaligus pembinaan agar produk yang dihasilkan berkualitas baik.

Rencananya, UMKM ini juga ingin dikirim sebagai perwakilan Food Expo di Jepang pada 8 Maret mendatang. Program ini juga dirancang untuk mendongkrak perekonomian. Saat Pandemi, data menunjukkan perekonomian Indonesia mengalami surplus US $ 21,57 miliar.

Baca juga:
Ciptakan 500 Ribu Eksportir Baru, Shopee Bantu UMKM di Daerah Tertinggal

Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama Program Pemberdayaan UMKM, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan pesan yang positif karena membantu perekonomian Indonesia.

“Kegiatan ini memberikan pesan positif, membantu perekonomian Indonesia. Jadi semuanya juga harus dimaknai positif dan apresiatif dengan memberikan dukungan kepada UMKM, jika Kementerian mendukung,” kata Jerry, Kamis (25/2/2021).

Saat ini, ada tujuh provinsi yang telah menandatangani kerjasama dalam program pemberdayaan ini, antara lain Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara.

Pemberdayaan UMKM juga dimaksudkan untuk lebih meningkatkan produksi ekspor ke luar negeri. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat mendukung produksi pekerjaan rumah tangga anak. Tekanan ekonomi yang terjadi akibat pandemi diharapkan tidak menjadi kendala dalam proses produksi yang ada.

Jerry juga mengatakan, proses pemberdayaan UMKM juga dilakukan dengan cara mengimpor produk dalam negeri ke hotel-hotel di bawah Grup Accor.

Baca juga:
Inspiratif, Kisah Mantri BRI Gali Kesadaran Inklusi di Wilayah 3T

“Jadi nanti produknya akan dimasukkan ke hotel-hotel Grup Accor. Sulut sudah punya tiga hotel. Jadi kita tidak hanya bangga dengan produk dalam negeri, tapi juga pakai dan beli,” pungkasnya. (Fajar Ramadhan)

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button