Berita

BNPB Mencatat Ada 3.253 Bencana Setahun, 9 Kali Per Hari

Jakarta, Radar Ciangsana –

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 3.253 bencana alam terjadi di Indonesia selama setahun terakhir.

Setidaknya, rata-rata sembilan bencana yang terjadi per hari.

“Dari awal Februari 2020 hingga akhir Februari 2021 ada 3.253 bencana. Artinya setiap hari setidaknya ada 9 bencana, baik gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, banjir bandang, kebakaran hutan dan lahan, tanah longsor, dan puting beliung. , ”kata Kepala BNPB. Doni Monardo pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2021 bertema Tangguh Terhadap Bencana, Rabu (3/3).

Berdasarkan data Bank Dunia, Doni menyebut Indonesia merupakan salah satu dari 25 negara dengan risiko bencana tingkat tinggi di dunia.

“Kalau melihat statistik korban dalam 10 tahun terakhir. Rata-rata 1.123 meninggal akibat bencana,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Doni, bencana selalu diikuti kerugian harta benda.

Berdasarkan laporan Menteri Keuangan, setiap tahun Indonesia mengalami kerugian ekonomi akibat bencana rata-rata sebesar Rp22,8 triliun per tahun.

Doni mengatakan BNPB dan pihak terkait akan mengikuti dan menjalankan arahan Presiden Joko Widodo dalam mengantisipasi bencana.

“Presiden memberikan arahan pada 4 Februari 2020 di Sentul agar seluruh instansi pemerintah, TNI dan Polri, serta pemerintah daerah harus bersinergi dalam berbagai upaya pencegahan,” jelasnya.

Arahan tersebut meliputi perencanaan pembangunan yang berbasis pengurangan risiko bencana, pelibatan para ahli untuk memprediksi ancaman, memperkuat sistem peringatan dini, menyiapkan rencana kontinjensi, serta mendidik dan melatih tentang bencana.

“Arahan presiden telah dan sedang dijalankan dan terus dijalankan,” ujarnya.

(yla / psp)

[Gambas:Video CNN]


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button