Info Aktual

Bocoran Data, Menko PMK Jamin Pelayanan BPJS Kesehatan Tetap Normal | Radar Ciangsana

BPJS Kesehatan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Publik dihebohkan dengan isu kebocoran data yang diduga berasal dari situs Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Berdasarkan informasi yang beredar, bocoran data kependudukan tersebut dijual di forum online Raid Forums oleh seorang anggota dengan nama samaran Kotz.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy selaku kementerian koordinator yang membidangi BPJS Kesehatan berkoordinasi langsung dan melakukan klarifikasi dengan direksi BPJS Kesehatan. “Masih dalam penyelidikan. Itu tidak akan mempengaruhi kinerja BPJS Kesehatan,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (25/5).

Muhadjir membenarkan saat ini soal tersebut masih dalam proses penyidikan. Menurut dia, data yang diduga bocor dan dijual secara online juga belum tentu data yang dimiliki peserta BPJS Kesehatan. “Jangan khawatir, karena datanya belum tentu data sebenarnya. Masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” ucapnya.

Universitas Pakuan Unpak

Ia juga menegaskan, isu dugaan kebocoran data tidak akan berdampak pada peserta BPJS Kesehatan, termasuk pelayanan. “Semua pelayanan aman,” kata Menko PMK.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan belum lama ini mengungkapkan pihaknya telah mengklarifikasi hal tersebut kepada Bareskrim Polri.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah membentuk tim khusus yang akan menangani dan menyelidiki dugaan kebocoran data di lembaga pemerintah non kementerian tersebut.

Sumber: JawaPos.Com

Editor: Alpin

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button