Kilas Info Daerah

BPK RI Lakukan Pengecekan di Kodam III / Siliwangi

Bandung – Wartapasundan.id, – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) melakukan audit atas laporan keuangan di Satuan Organisasi TNI AD, Kodam III / Siliwangi, tahun anggaran 2020, Senin (15/3/2021).

Selain Pangdam III / Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Wakil Penanggung Jawab II Tim Pemeriksa BPK RI, Joni Setiawan, SE, MBA., Ak, Ketua dan Anggota Tim Pemeriksa dari BPK RI, turut hadir Kasdam III / Slw Brigjen Kunto Arief Wibowo, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III / Slw, Danrindam, Asrendam, Asisten Kasdam dan Irutum serta Irutben Itdam III / Slw, Dandenmadam, Kabekangdam, Kakesdam, Kazidam, Kakudam, dan Karumkit Tk.II Dustira dan Karumkit Tk.III Ciremai.

Dalam sambutannya Pangdam III / Slw menyampaikan bahwa Tim Pemeriksa dari BPK Republik Indonesia akan melaksanakan tugas penyidikan di Kodam III / Siliwangi hingga 24 Maret 2021. Menurutnya, pemeriksaan dari BPK RI sebagai media peningkatan akuntabilitas dan transparansi kinerja Kodam III / Siliwangi, khususnya terkait Laporan Keuangan Kodam III / Siliwangi Tahun 2020.

“Laporan keuangan ini sudah disesuaikan dengan catatan laporan audit BPK RI atas laporan keuangan tahun sebelumnya,” kata Pangdam.

Meski demikian, kata Pangdam, dalam pelaksanaannya tidak menutup kemungkinan jika masih ada hal-hal yang perlu mendapat perhatian dan penyelesaian lebih lanjut, apalagi tahun anggaran 2020 sudah mulai terimbas Pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, keberadaan Tim BPK RI pada hakikatnya merupakan fungsi kontrol dan sarana kontrol bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi, khususnya dalam meningkatkan akuntabilitas dan kinerja unit-unit yang menjadi objek pemeriksaan saat ini.

Untuk itu, unit yang menjadi entitas audit agar dapat berkolaborasi dan menyiapkan data, dokumen, dan informasi yang dibutuhkan dengan baik, lengkap, dan transparan guna mendukung kelancaran pelaksanaan audit oleh Tim BPK RI, ”ujarnya.

Terakhir Pangdam III / Slw mengingatkan kepada jajarannya, jika ada temuan sebaiknya segera ditindaklanjuti pada kesempatan pertama sesuai dengan perhatian Tim BPK Indonesia, dan dijadikan pedoman agar kedepannya tidak menjadi. temuan berulang. (Pendam III / Siliwangi).

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button