Kilas Info Nasional

Ceko Mentahkan Rekor Ronaldo, Klaim Josef Bican Bikin 821 Gol

loading…

TURIN – Asosiasi Sepak Bola Republik Ceko (FACR) menyatakan bintang Juventus Cristiano Ronaldo belum memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Rekor itu masih milik Josef Bican yang diklaim telah mengoleksi 821 gol.

Ronaldo disebut-sebut sebagai penyandang rekor baru setelah suskes menjebol gawang Napoli dalam kemenangan Juventus 2-0 pada final Piala Super Italia 2021 , Kamis 21 Januari 2021 dini hari WIB. Satu gol itu menggenapkan koleksinya menjadi 760 buah untuk klub dan negara.

Baca juga: Telikung Josef Bican, Ronaldo Cetak Rekor Pencetak Gol Terbanyak Dunia .

Koleksi 760 buah gol itu menjadikan Cristiano Ronaldo pesepak bola tersubur sepanjang sejarah. Dia melewati catatan gol milik Josef Bican di kompetisi resmi, yakni 759 gol. Namun, status tersebut mendapat perlawanan dari FACR.

Pihak asosiasi mengklaim, berdasarkan Komite Sejarah dan Statistik FACR, Josef Bican mencetak 821 gol di pertandingan resmi. Itu berarti, Cristiano Ronaldo masih membutuhkan minimal 62 gol lagi untuk melewati catatan milik Josef Bican.

Baca juga: Juventus Kampiun! Pirlo Kesengsem Comeback Juan Cuadrado .

“Komite Sejarah dan Statistik FACR sudah menghitung semua gol yang dicentak oleh pesepakbola legendaris Josef Bican,” bunyi pernyataan FACR lewat akun Twitter, dikutip dari Football Italia, Jumat (22/1/2021).

“Kami bisa mengumumkan Josef Bican sudah mencetak 821 gol di pertandingan resmi,” sambung kicauan tersebut.

Baca juga: Mario Mandzukic Tentang Milan dan Kenangan Bersama Mantan .

Pertentangan soal jumlah gol semakin sengit jika melihat apa yang dilakukan legenda sepakbola Brasil, Edson Arantes dos Nascimento. Pria yang akrab disapa Pele itu mengklaim sudah mencetak total 1.283 gol di kompetisi resmi sepanjang kariernya.

Klaim soal banyak-banyakan mencetak gol tersebut tidak perlu terjadi seandainya ada pencatatan yang rapi. Cristiano Ronaldo beruntung hidup di masa modern sehingga catatan gol-golnya terdokumentasi dengan rapi.

Baca juga: Positif Covid-19, Aguero Absen Lebih Panjang .

Sementara itu, pengarsipan di zaman Josef Bican dan Pele belum serapi dan terstruktur seperti masa kini. Akibatnya, total jumlah gol yang dikoleksi kedua nama besar di dunia sepakbola tersebut simpang siur dan penuh klaim.

Apa pun itu, koleksi gol Cristiano Ronaldo tetap terhitung luar biasa untuk era sepakbola modern. Jika dirinci, pesepakbola berusia 35 tahun itu menyumbang lima gol untuk Sporting Lisbon, 118 gol bagi Manchester United, 450 gol buat Real Madrid, 85 buah untuk Juventus, dan terakhir 102 gol bagi Tim Nasional (Timnas) Portugal.

(sha)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button