Kilas Info Global

China terus meningkatkan anggaran pertahanannya

Beijing (RADAR CIANGSANA) – China terus meningkatkan belanja sektor pertahanannya selama enam tahun terakhir berturut-turut.

Pada tahun fiskal 2021, pengeluaran pertahanan China meningkat 6,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini sektor pertahanan dialokasikan 1,35 triliun yuan atau sekitar 209 miliar dolar AS sebagai rancangan proposal yang dibahas pada Sidang Tahunan Kongres Rakyat Nasional China (NPC) di Beijing, Jumat.

Anggaran tersebut hanya sekitar seperempat dari anggaran pertahanan Amerika Serikat yang mencapai US $ 740,5 miliar pada tahun fiskal 2021.

Sebagai ekonomi terpadat kedua di dunia, pengeluaran pertahanan per kapita China yang direncanakan untuk tahun 2021 diperkirakan kurang dari 1.000 yuan.

China menerapkan alokasi fiskal yang ketat dan mekanisme pengelolaan anggaran untuk belanja sektor pertahanan, terutama alokasi pelatihan personel dan pemeliharaan peralatan.

Sementara itu, Sidang Tahunan NPC dibuka di Aula Besar Rakyat, Beijing, Jumat pagi, dengan laporan tahunan Perdana Menteri Li Keqiang tentang kinerja pemerintah.

Presiden Xi Jinping juga hadir dalam sidang yang dihadiri oleh 2.953 anggota parlemen pusat, perwakilan daerah, dan perwakilan etnis dan agama minoritas.

Sehari sebelumnya, Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Politik China (CPPCC) dibuka di tempat yang sama oleh Ketua CPPCC dan anggota Biro Politik Komite Sentral Komite Tetap Partai Komunis China (CPC) anggota Komite Tetap Wang Yang .

Baca juga: Armada Tiongkok melintasi khatulistiwa, pembom berlatih di LCS
Baca juga: Latihan militer gabungan angkatan laut Tiongkok dan Singapura
Baca juga: China meningkatkan anggaran pertahanannya sebesar tujuh persen

Reporter: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
REPOST BY RADAR CIANGSANA 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button