Info Aktual

Covid-19 varian B117 masuk Brebes, TKI terpapar virus dan 8 tetangga diisolasi

Radarciangsana.com, Semarang – Langkah tegas untuk menghentikan penyebaran virus varian baru yaitu Covid-19 B117 dilakukan di Brebes, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kembali dan membawa varian baru virus korona Inggris atau yang dikenal dengan B117, langsung menjalani isolasi mandiri dan diawasi secara ketat di Brebes.

Isolasi dan pengawasan ketat dilakukan untuk mengurangi risiko pasien berkomunikasi dan berhubungan dekat dengan lebih banyak tetangga. Dikhawatirkan akan memunculkan cluster-cluster baru Covid-19 B117 di kabupaten paling barat Jawa Tengah.

Tidak hanya pasien, tetapi isolasi dilakukan pada setidaknya delapan orang yang diketahui memiliki kontak dekat dengan pasien. Untuk pemeriksaan, tim sudah mengambil sampel darah dan melakukan tes di Jakarta.

“Sudah dilakukan menelusuri Kira-kira delapan orang yang terkait erat dan telah diuji. Semuanya sudah pagi ini dan hasilnya langsung dikirim ke Jakarta. Kami tunggu hasilnya, ”kata Ganjar di kediaman dinasnya, Kamis (4/3/2021).

Sambil menunggu hasil tes, Ganjar mengatakan, saat ini masih dalam kondisi sabar Covid-19 B117 dan temannya menjalani isolasi independen di rumahnya. Isolasi juga dijaga ketat. Namun, ia berharap untuk memudahkan pengawasan, mereka akan dipindahkan ke tempat isolasi terpusat.

“Mudah-mudahan kalau mau dipindahkan ke daerah isolasi terpusat. Tadi saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan semua laporan sudah diberikan,” kata Ganjar.

** #RememberMessage

Kenakan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan hindari keramaian.

Jagalah selalu kesehatan Anda, jangan tertular dan jaga keluarga kami.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button