Kilas Info Daerah

Deklarator Bercerita tentang SBY Berdirinya Partai Demokrat

RADARCIANGSANA.COM, JAKARTA – Salah satu pencetus Partai Demokrat, Wayan Sugiana, mengaku ikut mendirikan Partai demokrat pada 9 September 2021, karena berniat membantu dari belakang karena ada sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Wayan, SBY juga banyak berkeringat dalam pembentukan dan verifikasi partai pemilu 2004.

“Saya ingin membantu mendirikan Partai Demokrat pada 2001 karena ada sosoknya, SBY,” kata wakil sekjen (wasekjen) periode pertama Partai Demokrat itu dalam siarannya kepada Republika di Jakarta, Kamis (4/3).

Wayan mengatakan, saat itu UU Pemilu mewajibkan verifikasi fisik di seluruh DPD Ppovinsi dan sebagian besar DPC kabupaten / kota. Upaya ini dilakukan bersama kader lain karena SBY tergabung dalam Partai Demokrat.

“Saya harus bekerja keras meyakinkan masyarakat untuk bergabung dengan PD dan harus saya akui bahwa faktor utama yang bisa meyakinkan mereka adalah keberadaan Pak SBY. Tidak ada PD tanpa Pak SBY,” kata Wayan.

Putra penggagas Partai Demokrat, Steven Rumangkang, juga ingat bagaimana ayahnya, Vence Rumangkang, berbicara tentang awal mula penamaan Partai Demokrat. Ia menjelaskan, nama itu keluar dari benak SBY di Cikeas, Kabupaten Bogor pada Agustus 2001.

“Almarhum Papa kemudian menyiapkan semua persyaratan administrasi untuk memenuhi pendirian partai di kantornya, sedangkan Pak SBY membuat logo, bendera, dan pawai Partai Demokrat,” kata Steven yang merupakan pendiri PD nomor 99 itu.

Pendiri Demokrat lainnya yang juga sekretaris pribadi Vence Rumangkang, Ifan Pioh mengatakan, partai berlambang rahmat itu pada dasarnya didirikan oleh SBY dan Vence Rumangkang. Saat itu, kata Ifan, ada syarat untuk mendirikan sebuah partai, terutama sertifikat yang ditandatangani oleh 50 orang.

Hanya saja, lanjutnya, untuk menghormati SBY sebagai pemrakarsa, Partai Demokrat memutuskan menambah tanda tangan dari 99 orang. “Itu menandai 9 September, ulang tahun Pak SBY, sekaligus ulang tahun Demokrat. Dari 99 orang tersebut, 53 orang memberikan surat kuasa, sisanya 46 orang hadir di kantor notaris,” kata Ifan.

“Jadi ide dasar, nama, lambang, dan pawai Partai Demokrat semua itu dari Pak SBY. Jadi, tidak akan ada PD tanpa Pak SBY,” imbuh Ivan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button