Kilas Info Nasional

Dewan Pengawas SWF Dana Abadi RI Seumur Hidup? Cek Faktanya

loading…

JAKARTA – Pemerintah menetapkan dewan pengawas (dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF). Adapun, tiga nama calon Dewas LPI yang diajukan Presiden Joko Widodo adalah yakni Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Terungkap! Keponakan Luhut Calon Kuat Bos SWF Dana Abadi RI

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan ketiga nama itu memiliki fungsi dan masa jabatan yang sudah ditentukan . Rinciannya, untuk dewan pengawas masa jabatannya bisa empat tahun hingga lima tahun sehingga kabar yang beredar bahwa jabatan dewan pengawas dana abadi RI seumur hidup tidaklah benar.

“Dewan pengawas tidak semua segmen jangka waktu sama, ada yang 5 tahun, ada yang 4 tahun dan ada yang tiga tahun sehubungan kalau ada perubahan dewan pengawas tidak dilakukan setiap tahun bersama- sama,” kata Sri Mulyani dalam video virtual dengan DPR, Senin (25/1/2021).

Menurut dia pencalonan ini masih tahap dini. Pasalnya, tiga calon dewa pengawas ini sudsh dikonsultasikan dan mendapatkan persetujuan dari pempinan. “Maka presiden akan keluarkan kepres untuk dewan pengawas,” tandasnya.

Baca Juga: Jokowi Setorkan Nama Anggota Dewan Pengawas Dana Abadi RI ke DPR, Siapa Saja?

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR segera membalas surat yang dikirim Presiden pada 12 Januari 2021. “Intinya adalah DPR sudah melakukan mekanisme (konsultasi) dan segera berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk dapat menerima tiga nama calon anggota Dewas LPI yang sudah diusulkan presiden,” kata dia.

(nng)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button