Kilas Info Nasional

Dini Hari Merapi 22 Kali Luncurkan Lava Pijar, BPPTKG: Semua…

loading…

YOGYAKARTAAktivitas vulkanik Gunung Merapi , masih hingga kini masih sangat tinggi, meskipun fluktuatif namun salam enam jam sejak dini hari hingga pagi tadi, dilaporkan terjadi 22 guguran lava pijar .

Baca juga: Potensi Bahaya Merapi ke Barat Daya, Pemkab Sleman Pulangkan Pengungsi 26 Januari

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, aktivitas Gunung Merapi . tergolong sangat tinggi. Saat ini potensi lava pijar dan awan panas masih mengancam, sehingga semua harus waspada. “Kita akui memang terjadi penurunan dibandingkan pada 20 Januari 2021 lalu, namun lava pijar masih terus terjadi,” terangnya, Minggu (24/1/2021).

Dijelaskannya, pada pukul 00.00-06.00 WIB pagi ini, pihaknya mencatat gunung api teraktif di Indonesia ini, mengeluarkan 22 kali lava pijar . “Jarak luncurnya 600-800 meter menuju arah barat daya. Jadi tidak sampai 1 km,” ulasnya.

Sebelumnya, pihaknya juga mencatat satu kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1 km menuju arah yang sama, yaitu barat daya. Guguran lava pijar juga beberapa kali terjadi dengan jarak luncur yang pendek 400-600 meter.

Baca juga: Bangkalan Gempar, Seorang Wanita Melahirkan 4 Bayi Kembar, Semuanya Meninggal

Hanik menambahkan, dengan intensitas yang fluktuatif namun tinggi ini, pihaknya berharap masyarakat tetap tenang. Bahkan bagi pecinta fotografi dan juga youtuber bisa mengabadikan momen erupsi lava pijar Merapi ini. “Namun sekali lagi dengan jarak yang aman, yaitu lebih dari 5 km,” katanya.

Secara kegempaan, pada pukul 00.00-06.00 WIB terjadi sebanyak 54 kali gempa guguran, tiga kali gempa fase banyak, dan gempa vulkanik dangkal terjadi satu kali. Baca juga: Air Mata Perwira TNI AU Ini Menitik Iringi Pemakaman Istri dan Anak Korban Sriwijaya Air

(eyt)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button