Berita

DKI Pemprov Coba Pemilahan Sampah, 147 RW Jadi Pilot: Okezone Megapolitan

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan uji coba pemilahan dan pengangkutan sampah dijadwalkan mulai 1 Juni 2021. Setidaknya ada 147 RW yang telah menjadi pilot dengan sistem pendampingan online.

Berdasarkan infografik yang dibagikan Gubernur DKI Jakarta di akun Instagram @aniesbaswedan, Kamis (27/5/2021), pelaksanaan Pergub Nomor 77/2021 tentang Pengelolaan Sampah di Lingkup Masyarakat terbagi menjadi 147 RW percontohan. tersebar di lima wilayah kota dan satu kabupaten Kepulauan Seribu. .

“Badan Lingkungan Hidup juga sudah membuat SOP terkait jadwal pengangkutan sampah kepada petugas Dipo / TPS yang melayani 147 Paguyuban Masyarakat Percontohan,” ujarnya.

Baca juga: Hari pertama Lebaran, volume sampah di Jakarta mencapai 2.142 ton

Masyarakat akan memilah sampah sesuai jenisnya dan menempatkan sampah pada wadah yang sesuai. Misalnya wadah residu yang dimaksudkan untuk menampung pembalut bekas, popok, permen karet atau puntung rokok. Nanti residunya akan diambil sesuai jadwal oleh petugas gerobak menuju Tempat Penampungan Sementara (TPS). Limbah B3 dibawa ke TPS B3, bahan daur ulang dibawa ke bank sampah dan mudah diuraikan ke RW plasma.

Alur dan jadwal pengambilan sampah oleh LPS RW dimulai dengan petugas gerobak yang mengambil sampah ke rumah warga sesuai jadwal yang telah ditentukan. Petugas melakukan pengecekan jenis sampah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika jenis sampah yang dibuang sesuai jadwal tidak akan dikenakan sanksi. Namun jika tidak sesuai dengan jadwal maka akan dikenakan sanksi sesuai kesepakatan.

Baca juga: Solusi Anies Baswedan Atasi Sampah Elektronik di Jakarta

“Jenis sampah ini mudah terurai dan ampasnya diambil setiap hari. Sampah material didaur ulang pada Selasa I dan II setiap bulannya. Sampah B3 rumah tangga atau e-waste adalah Rabu I setiap bulan. Jadwal menyesuaikan dengan kesepakatan warga, ”lanjut keterangan artikel tersebut.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button