Berita

Duta Besar Disebut Militer Menduduki Kedutaan Besar Myanmar di Inggris

Jakarta, Radar Ciangsana –

Duta besar Myanmar untuk Inggris mengatakan pada hari Rabu bahwa pihak-pihak yang terkait dengan militer Yangon telah “menduduki” kedutaan besarnya di London dan melarang aksesnya ke gedung tersebut.

Saat ditanya identitas para pihak yang berada di dalam kedutaan, Duta Besar Kyaw Zwar Minn menjawab “atase pertahanan, mereka menduduki kedutaan saya”. Pernyataan tersebut juga membenarkan kabar sebelumnya.

Junta militer Myanmar diketahui memanggil duta besar bulan lalu setelah dia mengeluarkan pernyataan yang mendesak mereka untuk membebaskan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint.

“Diplomasi adalah satu-satunya tanggapan dan jawaban atas kebuntuan saat ini,” kata Kyaw Zwar Minn dalam pernyataan yang di-tweet oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

Para pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedutaan Besar Myanmar di London pada hari Rabu ketika muncul laporan bahwa duta besar telah dikurung dan dilarang memasuki gedung.

Kyaw Zwar Minn mengatakan kepada media Daily Telegraph “ketika saya meninggalkan kedutaan, mereka menyerbu masuk dan mengambilnya,”

“Mereka bilang mereka menerima instruksi dari ibu kota, jadi mereka tidak akan mengizinkan saya masuk,” lanjutnya, meminta Pemerintah Inggris untuk ikut.

Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan mereka “mencari lebih banyak informasi setelah insiden di Kedutaan Besar Myanmar di London.”

Inggris telah menjadi pengkritik keras militer Myanmar sejak mereka merebut kekuasaan pada Februari. Minggu lalu, Inggris menaikkan sanksi terhadap bisnis yang bisnisnya merupakan bagian atau semua bisnis para jenderal.

Duta Besar Myanmar mengatakan kepada AFP bahwa dia akan tetap berada di luar gedung “sepanjang malam”, menjelaskan bahwa “ini adalah gedung saya”.

Polisi Metropolitan London mengatakan mereka “mengetahui protes” di lingkungan Mayfair, dan petugas ketertiban umum juga telah dikerahkan di sana.

(AFP / akhir)

[Gambas:Video CNN]


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button