Edgar Xavier mempertahankan gelar juara dunia wushu


Pencapaian Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang ia kalahkan di SEA Games 2021 Vietnam akibat permainan yang kurang sempurna

Jakarta (ANTARA) – Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo mempertahankan gelar Changquan pada Kejuaraan Dunia Wushu 2022 di Alabama, Amerika Serikat, Selasa (12/7) waktu setempat.

Edgar mencetak angka tertinggi 9,53 poin untuk mempertahankan gelar yang diraihnya di Tiongkok pada 2019 sekaligus menebus kegagalannya saat tak mampu menyumbangkan satu medali pun di SEA Games 2021 di Vietnam.

Medali perak Changquan putra diraih oleh atlet Korea Selatan Lew Ha-sung, sedangkan Roman Reva dari Ukraina meraih medali perunggu.

Baca juga: Aceh meraih enam medali pada kejuaraan wushu internasional di Malaysia

“Prestasi Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang dia kalahkan di SEA Games Vietnam 2021 karena permainan yang kurang sempurna. Di Kejuaraan Dunia, Edgar bermain sangat lancar dan sempurna,” kata manajer tim wushu Indonesia Iwan Kwok dalam konferensi pers. pernyataan resmi di Jakarta, Rabu.

Selain Edgar, tim wushu Indonesia juga meraih medali perak melalui Harris Horatius yang tampil di nomor kombinasi Nanquan/Nangun putra. Liu Zongxin dari China meraih medali emas, sedangkan Lai Po-Wei dari Taiwan meraih perunggu.

Sementara itu, atlet putri peraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam, Alisya Mellynar belum mampu menyumbangkan medali dan hanya menempati urutan keempat nomor Taijijian.

Tim wushu Indonesia sejauh ini mengantongi satu emas dan satu perak, serta berpeluang menambah perolehan medali melalui penampilan Nandira Mauriskha yang akan bertanding di nomor Cangquan, Rabu waktu setempat.

Baca juga: PB WI-KBI menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga atas dukungannya pada SEA Games
Baca juga: Wushu menyumbang 15 medali di SEA Games

Reporter: Shofi Ayudiana
Redaktur : Fitri Supratiwi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button