Kilas Info Nasional

Empat Merak Cantik Kesayangan Dievakuasi BKSDA, Mbah Sugiono…

loading…

SURABAYA – Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Jawa Timur mengevakuasi empat ekor Merak Hijau dari rumah warga di Putat Jaya, Surabaya, Jawa Timur, Senin (25/1/2021). Satwa cantik tersebut merupakan milik HM Sugiono (75) yang sudah dipelihara sejak masih anakan. Selama 8 tahun mbah Sugiono merawat dengan tulus merak-merak kesayangannya.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Surabaya BKSDA Jawa Timur, Dodit Ari Guntoro, mengatakan empat Merah Hijau harus dievakuasi karena pemilik tidak memiliki izin resmi untuk merawat. Pemilik hanya memegang surat penitipan, itupun sudah dari tahun 2013.

Baca juga: Crazy Rich Malang Masuk 10 Nama Penerima Vaksin COVID-19 Pertama, Berikut Daftarnya

“Memang waktu itu berkeinginan merawat dengan harapan mau mengurus izin. Tapi sampai saat ini dokumen belum juga diurus. Setelah ada informasi beliau mau menyerahkan ya langsung kita evakuasi,” katanya, Senin (25/1/2021).

Keempat satwa dilindungi itu nantinya akan direhabilitasi di BKSDA Jawa Timur. Jika sudah siap kembali ke habitatnya maka akan dilepasliarkan. “Selama recovery akan dipantau perilakunya, karena sudah terlalu lama berada disangkar. Mudah-mudahan ada sifat liarnya. Tapi jika tidak bisa maka akan dititipkan ke Lembaga Konservasi (LK) atau unit penangkar yang memiliki izin,” tegasnya.

Baca juga: MyBeb, Platform Media Sosial Bikinan Arek Suroboyo

Sementara itu, melihat Merak kesayangannya dievakusi oleh petugas BKSDA, Mbah Sugiono hanya pasrah. Bahkan ia terlihat bahagia lantaran Merak piaraanya jatuh ke tangan yang tepat. “Sekarang saya plong, biar sehat terus. Mudah-mudahan merak saya sehat dan berkembang ditangan yang tepat,” ucapnya

(msd)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button