Kilas Info Nasional

Gempa Dahsyat 7,1 Skala Richter Guncang Sulut, Warga Diminta…

loading…

MANADOGempa bumi dahsyat berkekuatan 7,1 Skala Richter yang berpusat di Melonguane, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 19.23.07 WIB dilaporkan merusak sejumlah bangunan di Talaud diantaranya gedung RSUD Talaud. Selain itu gempa bumi yang berpusat pada koordinat 4,94 Lintang Utara dan 127,44 Bujur Timur membuat sejumlah warga Manado dan Talaud panik karena kerasnya guncangan gempa.

Baca: Sulut Diguncang Gempa Dahsyat 7,1 Skala Richter

Kasi data dan Informasi BMKG Sulut Edward H Mengko, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock), namun kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujar Mengko.

Baca juga: Gempa Dahsyat Sulut 7,1 Skala Richter Rusak Bangunan RSUD Talaud

Gempa tersebut, kata dia, dirasakan juga di Melonguane, Tahuna, Ondong dengan skala IV MMI, Manado, Bitung, skala III MMI, Bolaang Uki, II MMI, Gorontalo II-III, Halmahera Utara II-III MMI, dan Galela II-III MMI.

(sms)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button