Kilas Info Nasional

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

loading…

BENGKULUGempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 4,9 mengguncang Provinsi Bengkulu, Minggu (24/1/2021) pukul 20.03 WIB. Episenter terletak pada koordinat 4.52 Lintang Selatan (LS) dan 102.51 Bujur Timur (BT). Gempa itu berlokasi di laut, pada jarak 45 km Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan, pada kedalaman 20 Kilometer (Km).

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Bengkulu Selatan merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Mentawai.”Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Litman, saat dikonfirmasi, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Bukan Gempa, Suara Ledakan di Buleleng Mungkin Karena Meteor Jatuh

Berdasarkan laporan dari masyarakat, lanjut Litman, gempa yang berpusat di Bengkulu Selatan, dirasakan di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma dan Kota Bengkulu dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Lalu, di Kabupaten Kepahiang dengan Skala Intensitas II MMI, Di Liwa, Provinsi Lampung, dengan Skala Intensitas II MMI. Hingga pukul 20:25 WIB, sambung Litman, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. “Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa di Bengkulu Selatan,” terang Litman.

Baca juga: Perkumpulan Batak Jawa Timur Kirim Sembako untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.

(msd)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button