Kilas Info Nasional

Genap Sebulan Menjabat, Ini Daftar Kontroversi Mensos Risma

loading…

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Tri Rismaharini sebagai menteri sosial (mensos) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Desember 2020. Risma, mantan wali Kota Surabaya itu biasa disapa, menggantikan rekan separtainya, Juliari P Batubara yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dalam kasus korupsi bansos Covid-19 di wilayah Jabodetabek 2020. Sejak dilantik, Risma telah memicu sejumlah kontroversi. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Rangkap Jabatan

Saat menyandang anggota baru Kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin, Risma masih berstatus sebagai wali kota Surabaya. Sehingga, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu rangkap jabatan sebagai Mensos sekaligus wali kota Surabaya saat dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Desember 2020.

Risma pun mengaku sudah berbicara dengan Presiden Jokowi mengenai rangkap jabatan itu. Presiden Jokowi pun diketahui mengizinkan Risma saat itu untuk sementara pulang-pergi ke Jakarta dan Surabaya.

“Mungkin karena saya masih merangkap wali kota untuk sementara waktu. Saya sudah izin Pak Presiden, ‘Ndak apa-apa, Bu Risma pulang-pergi’,” ujar Risma di kantor Kementerian Sosial, Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu 23 Desember 2020.

(Baca: Tidak Ajukan Pengunduran Diri dari Wali Kota Surabaya, Risma Rangkap Jabatan?)

2. Temui Gelandangan di Jakarta

Beberapa hari menjabat Mensos, Risma kembali menjadi sorotan banyak pihak. Ya, Risma blusukan menemui sejumlah gelandangan di jalan protokol kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat, Senin 4 Januari 2021. “Ikut saya ya Pak, nanti saya carikan balai. Nanti ada temannya banyak, nanti masih bisa mulung. Saya bantu cari kerjaan, supaya bisa makan, supaya bisa tidur, enggak kehujanan,” ujar Risma mengajak salah seorang tunawisma saat itu.

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button