Berita

GeNose Alat Deteksi Covid-19 Dipasang di Bandara, Kemenhub: Sabar Ya : Okezone Economy

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan menggunakan GeNose test di stasiun untuk screening Covid-19 terhadap para pelanggan KA Jarak Jauh mulai 5 Februari 2021 di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta.

Lantas apakah GeNose test akan dipakai juga di bandara dan pelabuhan?

Jubir Kemenhub Adita Irawati memberikan penjelasan terkai banyaknya pertanyaan terkait kapan ini dipakai di bandara, pelabuhan dan sebagainya.

“Sabar ya, kita betul-betul memulai dari skala terbatas untuk mempelajari bagaimana hasilnya,” ujar dia dalam diskusi yang ditayangkan di Instagram Kemenhub, Senin (1/2/2021).

Baca Juga: Tes Covid-19 di Stasiun Pakai GeNose Mulai 5 Februari, Ini Syaratnya 

Dia menjelaskan evaluasi GeNose test dilakukan secara bersama oleh berbagai pihak. Seperti dari peneliti, epidemiolog hingga Kemenkes dan pihak Kemenhub.

“Jadi apabila berjalan dengan baik, SOP teruji, kita akan implementasikan ke tempat lain,” ungkap dia.

Kemudian, kata dia, pihaknya ingin masyarakat tidak perlu berpolemik berlebihan soal penggunaan GeNose dan akurasinya. Apalagi teknologi ini sudah lolos uji klinis Kemenkes, dengan sensitivitas baik ealat screening Covid-19.

“Tidak pernah ada yang perfect, apabila banyak yang pertanyakan tapi mari kita lihat anglenya membantu memutus penularan Covid-19. Khususnya kalau di Kemenhub di transportasi umum,” tutur dia.

Seperti diketahui, GeNose C19 merupakan alat screening Covid-19 inovasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memiliki keunggulan yaitu murah, cepat, dan akurat.

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button