Ekonomi

Gubernur minta Pemkot Jambi mempercepat penyerapan DAKAK fisikAK

Jambi (Radar Ciangsana) – Gubernur Jambi Al Haris mengingatkan Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mempercepat penyerapan fisik Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2021 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kami sudah mengingatkan kabupaten dan kota serta OPD di lingkungan Pemprov Jambi untuk mempercepat penyerapan DAK Fisik, jika batas akhir belum terealisasi maka DAK fisik terancam tidak tersalurkan,” kata Gubernur Jambi Al Haris. di Jambi, Rabu.

Hingga 21 Juli 2021, realisasi penyerapan DAK fisik di Provinsi Jambi baru mencapai 14,59 persen. Atau hanya Rp 171,9 miliar dari total DAK Fisik di Provinsi Jambi sebesar Rp 1,2 triliun.

Dia menjelaskan, pemerintah pusat telah memperpanjang batas waktu realisasi DAK Fisik tahap pertama hingga 30 Agustus 2021. Sebelumnya, batas waktu realisasi penyerapan DAK Fisik hingga 21 Juli 2021.

“Jangan sampai DAK Fisik tidak terealisasi, karena akan menghambat pembangunan di daerah yang diharapkan berdampak langsung kepada masyarakat,” kata Al Haris.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Republik Indonesia Provinsi Jambi Supendi mengatakan, jika penyerapan anggaran DAK Fisik tidak terealisasi dalam batas waktu yang ditetapkan, maka akan terjadi menjadi keterlambatan pencairan dana dari Pemerintah Pusat. Hal ini akan berdampak pada pembangunan yang bersumber dari dana tersebut.

“Pencairan DAK Fisik dilakukan secara bertahap, untuk DAK Fisik yang nilainya di bawah Rp 1 miliar disalurkan sekaligus, tetapi yang nilainya di atas Rp 1 miliar bisa disalurkan dalam tiga tahap,” kata Supendi.

Supendi berharap dengan batas waktu realisasi DAK fisik, diharapkan kontrak dengan mitra untuk proyek pembangunan sudah terlaksana. Kecilnya realisasi penyerapan DAK fisik terkendala regulasi dari Pemerintah Daerah terkait proses kontrak dengan mitra.

“Kami berharap Gubernur bisa mengingatkan kepala daerah dan kepala OPD untuk mempercepat realisasi penyerapan, karena uang negara ini akan dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Hanapi
Editor: Royke Sinaga
REPOST Radar Ciangsana 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button