Kilas Info Nasional

Gunung Raung Erupsi Keluarkan Kolom Abu Setinggi 400 Meter,…

loading…

BANYUWANGIGunung Raung yang terletak di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember, mengalami erupsi sejak Rabu (20/1/2021) malam. Dari kawah, muncul kolom abu vulkanik setinggi 400 meter.

Baca juga: Selasa Dini Hari, Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km dan Lava Pijar 30 Kali

Adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Raung tersebut, membuat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Pos Pengamatan Gunung Api Raung, Kabupaten Banyuwangi, sejak Kamis (21/1/2021) menetapkan Gunung Raung dalam status waspada atau level II .

Petugas Pos Pengamatan Gunung Raung , Burhan Aletea menjelaskan, pada Rabu (20/1/2021) malam, sekitar pukul 19.17 WIB terekam gempa vulkanik dalam sebanyak empat kali, dan gempa tremor.

“Adanya gempa vulkanik dalam dan gempa tremor tersebut, menandakan adanya pasokan magma dari perut bumi yang bergerak keluar menuju kawah. Pada Kamis (21/1/2021) dini hari, yakni pukul 24.00 WIB, terjadi erupsi kecil ,” terangnya.

Baca juga: Dahsyatnya Guncangan Gempa di Sulawesi Utara, Membuat Rumah Warga Rusak

Erupsi kecil tersebut, menurutnya ditandai dengan keluarnya material abu vulkanik dari kawas, dan membentuk kolom abu setinggi 100-400 meter dari bibir kawah Gunung Raung. ” Erupsi kecil masih terjadi, namun tidak terus-menerus. Tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB sempat terhenti,” ungkapnya.

Hingga Kamis (21/1/2021) siang, Aletea menyebutkan, gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) tercatat, terjadi gempa tremor sebanyak 32 kali, dengan amplitudo 2-5 mm, dengan durasi waktu selama 52-481 detik.

Baca juga: Sumedang Gempar, Ibu Muda Cantik Terseret Arus Banjir Saat Naik Motor

Melihat adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Raug , dan dinaikkannya status Gunung Raung dari normal atau level I, menjadi waspada atau level II, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan dengan radius 2 km dari kawah puncak. Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso.

(eyt)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button