Kilas Info Daerah

Hari Jadi ke-102 Damkar, Profesional, Mandiri dan Melayani


Media Digital Bogor

Radarciangsana.com :::: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menghadiri Upacara HUT Kebakaran dan Penyelamatan Nasional ke-102 secara virtual di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (1/3/2021).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor Agustian Syah bersama perwakilan anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kasatpol PP Kota Bogor, Agustian Syah mengatakan, di usianya yang ke-102, pihaknya menginginkan Damkar Kota Bogor lebih profesional. Pasalnya, meski pihak Damkar masih memiliki keterbatasan personel dan kelengkapannya, pihak Damkar tetap melayani masyarakat secara maksimal. Tak ayal, pihaknya tengah mendorong Damkar menjadi pejabat.

“Ini agar Damkar bisa menjadi pelayanan yang mandiri, profesional dan bisa melayani masyarakat lebih baik lagi, meski Satpol PP akan turun nilainya,” ujarnya.

Demak, panggilan akrabnya, mengatakan hingga saat ini jumlah personel Damkar 68 ditambah rekrutmen baru 27 orang alias hanya 95 personel. Jumlah ini masih kecil dan tidak cukup untuk mencakup semua titik kiriman. Pasalnya, jika terjadi kebakaran, terkadang hanya satu unit mobil pemadam kebakaran yang bisa diturunkan karena kurangnya personel.

“Kalau jadi pejabat harus menambah minimal 150 personel, perlengkapan pribadi juga harus dilengkapi dan harus ditambah armada mobil pemadam kebakaran,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, saat ini sedang dibahas perda tentang pembentukan Damkar menjadi dinas dan kemungkinan tahun depan sudah bisa disahkan dan dibentuk Dinas Damkar. Pihaknya juga terus melatih skill seluruh personelnya sementara di tahun depan kembali membuka rekrutan baru.

“Penambahan anggota itu wajib, apalagi banyak yang sudah pensiun, jadi perlu tambahan anggota. Tahun depan akan diajukan lagi. Saya berharap tahun ini para personel tetap menjaga loyalitas, skill dan semangatnya,” jelasnya.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim mendukung pembentukan Dinas Damkar tahun depan yang saat ini sedang dalam rancangan peraturan daerah.

“Insya Allah tahun depan kami akan menjadi Dinas Pemadam Kebakaran,” ucapnya. (Rls / DF)


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button