Keagamaan

Hati-hati, Agama Juga Bisa Menimbulkan Kebanggaan, Ini Penjelasan Ustadz Arrazy Hasyim Has

Sombong tindakan yang menjijikkan dalam agama. Manusia tidak pantas menjadi sombong. Hanya Tuhan yang layak dibanggakan. Tuhan memiliki segalanya, mampu dan bebas melakukan apapun. Sedangkan manusia tidak memiliki kekuatan untuk melakukan apapun kecuali dengan izin Allah SWT.

Segala sesuatu yang dapat menimbulkan kesombongan harus dijauhi. Oleh karena itu, Islam melarang terlalu sering memuji orang lain, karena dapat membuat yang bersangkutan melupakan dirinya sendiri dan menimbulkan rasa bangga pada dirinya.

Ustadz Arrazy Hasyim Dalam studinya, ia membahas topik arogan ini secara panjang lebar. Siapa pun bisa jatuh ke dalam sifat ini, bahkan ulama. Perbuatan baik yang didasarkan pada kesombongan tidak ada nilainya di hadapan Allah SWT. Yang membuat orang sombong, kata Ustadz Arrazy, secara umum ada dua: agama dan dunia.

Agama juga bisa membuat orang sombong, biasanya ini terjadi pada orang yang berilmu dan orang yang beramal. Orang yang merasa pintar dalam ilmu agama harus hati-hati, sedikit lupa, timbul rasa sombong di hati, ilmu yang diajarkan dan dimiliki tidak ada nilainya di mata Allah SWT. Begitu juga dengan orang yang beramal, seringkali orang yang rajin beramal merasa paling taat dan shaleh di dunia ini. Hingga akhirnya ia meremehkan orang lain, dan menunjukkan ibadahnya kepada banyak orang.

Ustadz Arrazy berpesan, “Maaf gelar Pak Haji bikin sombong, kalau bisa di skip saja. Kalau orang panggil kami Pak Haji tidak apa-apa, tapi kami tidak perlu memaksa orang lain. Pada prinsipnya semua yang bisa menimbulkan kesombongan harus dihindari dan dijauhi di hari-hari, sebelum kesombongan mengambil alih hati.

Sedangkan penyebab kesombongan dalam urusan duniawi itu banyak. Misalnya, keturunan, kecantikan, kekuatan, kekayaan, banyak pengikut, dan sebagainya. Orang yang terlahir dari keturunan bangsawan harus tetap rendah hati dan tidak sombong. Begitu juga dengan orang yang diberi anugerah wajah cantik dan tampan, tidak ada yang bisa dibanggakan, lagi pula pada akhirnya seluruh wajah manusia akan menua pada waktunya. Begitu juga orang yang diberi jabatan, kekuasaan, dan pengikut banyak. Sadarilah bahwa apa yang kita miliki dan dapatkan hari ini adalah karena kasih Tuhan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button