Entertainment

Inggris akan menetapkan rencana protokol Irlandia Utara yang baru setelah Cummings mengakui bahwa Brexit bisa saja salah – siaran langsung | Politik

Selamat pagi. Dalam wawancaranya dengan siaran BBC Laura Kuenssberg tadi malam, Dominic Cummings, ahli strategi utama di balik kampanye Vote Leave dan mantan kepala penasihat Boris Johnson, mengakui bahwa dia tidak yakin Brexit adalah ide yang bagus. Dia berkata:


Pertanyaan seperti apakah Brexit adalah ide yang bagus? Tidak seorang pun di dunia ini yang tahu … apa jawabannya.

Dan ketika Kuenssberg memintanya untuk mengonfirmasi bahwa dia tidak yakin Brexit adalah ide yang bagus, dia menjawab:


Saya pikir siapa pun yang mengatakan bahwa mereka yakin tentang pertanyaan seperti itu telah lepas kendali, apakah Anda berada di pihak yang tersisa atau pihak kami … Saya pikir sangat masuk akal untuk mengatakan bahwa Brexit adalah sebuah kesalahan.

Namun, Cummings menekankan bahwa dia masih menganggap Brexit adalah hal yang baik.

Hari ini Lord Frost, menteri Brexit, dan Brandon Lewis, sekretaris Irlandia Utara, masing-masing akan membuat pernyataan di Lords dan di Commons tentang proposal terbaru pemerintah untuk mengubah protokol Irlandia Utara. Kami dapat cukup yakin bahwa tidak satu pun dari mereka akan mengakui bahwa Brexit mungkin merupakan kesalahan (masih pelanggaran gantung di Johnson’s Downing Street), tetapi isi dari apa yang mereka katakan akan menggambarkan mengapa Cummings ada benarnya. Itu karena mereka akan mengusulkan perubahan pada perjanjian internasional yang baru ditandatangani Johnson tahun lalu. Dan itu menuntut perubahan karena Inggris masih belum menemukan solusi untuk trilema Irlandia; Brexiters ingin membawa Inggris keluar dari pasar tunggal dan serikat pabean, untuk menghindari perbatasan GB/NI di Laut Irlandia dan untuk menghindari perbatasan keras di pulau Irlandia.

Mereka diberitahu bahwa ini tidak mungkin. Ketika Johnson menandatangani protokol, dia menyetujui kontrol perbatasan GB/NI yang baru, tetapi ini sekarang sangat tidak populer di kalangan serikat pekerja di Irlandia Utara dan dia secara efektif berusaha untuk menulis ulang protokol untuk meminimalkan atau menghilangkannya.

Ini rekan saya Lisa O’Carrollcerita pratinjau.

Dan ini adalah kutipan dari cerita pratinjau Financial Times (paywall), yang memiliki rincian tentang apa yang diharapkan Frost dan Lewis usulkan.


Dalam sebuah langkah yang oleh para pejabat disebut “perubahan pendekatan grosir”, Lord David Frost, menteri Kantor Kabinet, akan menguraikan strategi yang berupaya menghilangkan sebagian besar pemeriksaan di perbatasan perdagangan Laut Irlandia yang mulai berlaku pada bulan Januari.

Dan dalam peringatan bahwa Inggris dapat menangguhkan protokol Irlandia Utara dalam kesepakatan Brexit dengan UE jika blok itu tidak memberi jalan, Frost akan mengklaim Inggris sudah memiliki haknya untuk mengaktifkan pasal 16 klausul penggantian dalam perjanjian …

Proposal Frost diharapkan mencakup pendekatan “kotak kejujuran”, di mana perusahaan yang mengatakan barang mereka hanya ditujukan untuk dijual dan digunakan di Irlandia Utara harus dibebaskan dari pemeriksaan di perbatasan Laut Irlandia.

Inggris juga ingin Brussel menyetujui rezim standar ganda yang akan memungkinkan barang-barang yang sesuai dengan aturan Inggris beredar bebas di Irlandia Utara bersama produk-produk yang sesuai dengan UE, selama mereka diberi label hanya untuk digunakan di wilayah tersebut, menurut orang-orang. dengan pengetahuan tentang proposal.

Untaian proposal lainnya diharapkan berusaha untuk menghapus peran Komisi Eropa atau Pengadilan Eropa dalam pengoperasian protokol Irlandia Utara.

Uni Eropa kemungkinan akan melihat proposal ini sebagai tidak dapat diterima, meskipun Johnson tampaknya berharap bahwa pada akhirnya Brussels akan memutuskan untuk mundur daripada meningkatkan perselisihan dengan cara yang akan membahayakan proses perdamaian Irlandia Utara.

Berikut agenda hari ini.

09:30: ONS menerbitkan angka-angka tentang tingkat antibodi Covid, dan tentang dampak Covid panjang pada kehidupan masyarakat.

10.30: Priti Patel, sekretaris dalam negeri, memberikan bukti kepada komite urusan dalam negeri Commons. Sesi ini akan mencakup kebijakan perbatasan Covid, penyeberangan Channel dan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan.

12 siang: Boris Johnson menghadapi Sir Keir Starmer di PMQ terakhir sebelum reses musim panas.

12:30: Brandon Lewis, sekretaris Irlandia Utara, memberikan pernyataan kepada anggota parlemen tentang protokol Irlandia Utara. Pada waktu yang hampir bersamaan Lord Frost, menteri Brexit, akan menyampaikan pernyataan yang sama di Lords.

Sekitar pukul 13:30: Helen Whately, menteri perawatan sosial, membuat pernyataan kepada anggota parlemen di NHS. Dia kemungkinan akan mengkonfirmasi bahwa staf NHS ditawari kenaikan gaji 3%.

14:00: Andy Burnham, walikota Greater Manchester, mengadakan konferensi pers.

3 sore: Robert Buckland, sekretaris kehakiman, memberikan pidato tentang rencana reformasi judicial review.

Politik Langsung telah menjadi campuran berita Covid dan non-Covid baru-baru ini tetapi hari ini saya akan lebih fokus pada Priti Patel di komite urusan dalam negeri, PMQ dan pernyataan protokol Irlandia Utara. Untuk perkembangan virus corona lainnya, ikuti blog langsung Covid global kami.

Saya mencoba untuk memantau komentar di bawah baris (BTL) tetapi tidak mungkin untuk membaca semuanya. Jika Anda memiliki pertanyaan langsung, sertakan “Andrew” di dalamnya di suatu tempat dan saya lebih mungkin menemukannya. Saya mencoba menjawab pertanyaan, dan jika itu adalah minat umum, saya akan memposting pertanyaan dan balasan di atas garis (ATL), meskipun saya tidak dapat berjanji untuk melakukan ini untuk semua orang.

Jika Anda ingin menarik perhatian saya dengan cepat, mungkin lebih baik menggunakan Twitter. aku di @AndrewSparrow.

Atau, Anda dapat mengirim email kepada saya di andrew.sparrow@theguardian.com

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button