Kilas Info Nasional

Ini 3 Hal yang Diharapkan RI dari Pemerintahan Baru AS

loading…

JAKARTAMenteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan, setidaknya ada tiga hal yang diharapkan Indonesia dari pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) dibawah kepemimpinan Joe Biden. Salah satunya adalah AS kembali ke jalur multilateral.

Retno menuturkan, dunia saat ini membutuhkan membutuhkan spirit kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik. Dunia juga, ungkapnya, memerlukan multilateralisme yang kuat dan adil dan terkait dengan hal ini, komitmen, dan kontribusi AS sangat diperlukan. “Setidaknya terdapat tiga hal yang diharapkan dari AS untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Pertama, komitmen AS dalam upaya mitigasi pandemi melalui kerja sama multilateral,” ujarnya pada Kamis (21/1/2021). Dia mengatakan, semua negara di dunia diharapkan menjadi bagian dari solusi. Menurut Retno, surutnya multilateralisme akan memunculkan tindakan unilateralisme yang sangat merugikan negara lain terutama negara berkembang.

“Indonesia mengharapkan kepemimpinan AS untuk memperkuat multilateralisme, termasuk menjadikan PBB lebih responsif dan efektif dan memperkuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tengah tantangan pandemi yang luar biasa ini,” ungkapnya

Hal kedua adalah komitmen AS terhadap pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di dunia dan kawasan.Retno menuturkan, ditengah semakin rentannya perdamaian dan stabilitas dunia termasuk akibat semakin meningkatnya rivalitas, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih aman, damai dan stabil.

Menurutnya, tindakan dan solusi unilateral yang tidak sejalan dengan hukum internasional harus dihindari. Penyelesaian konflik secara damai harus senantiasa dikedepankan.Baca juga: Joe Biden Dilantik, Puan Maharani Berharap Dunia Bersatu Lawan Corona

Indonesia, ujar Retno, mengharapkan kontribusi positif Amerika terhadap penyelesaian isu Palestina-Israel yang berkeadilan sesuai dengan berbagai Resolusi PBB maupun parameter internasional yang disepakati termasuk Solusi Dua Negara.

Source link

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button