Kilas Info Nasional

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Mulai Dibangun, Bisa Dipakai 2024

loading…

SLEMANJalan tol Yogyakarta-Bawen mulai dibangun dengan pemasangan patok trase di Selokan Mataram, selatan SMPN 2 Tempel, Tangisan, Banyurejo, Tempel, Sleman, DIY, Selasa (19/1/2021). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Bupati Sleman, Sri Purnomo secara simbolis melakukan pemasangan patok trase jalan tol tersebut.

Baca juga: Tol Yogyakarta-Bawen Akan Dilengkapi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Pembangunan frase tol Yogyakarta-Bawen tersebut melewati 6 seksi, melewati 28 padukuhan, 7 kalurahan di tiga kepanewonan, yaitu Mlati, Tempel dan Seyegan. Jalan tol tersebut ditargetkan dapat digunakan tahun 2024.

Baca juga: Telan Investasi Rp14 Triliun, Tol Yogya-Bawen Satukan Kawasan Joglosemar di 2023

Sri Sultan HB X mengatakan, dengan adanya trase jalan tol ini akan menyatukan kawasan Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar) sebagai kawasan terpadu di Jawa Tengah dan DIY. Terutama di sektor pariwisata, mempermudah konektivitas, mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta akan mengurangi kesenjangan pendapatan antar wilayah.

“Jika semua berjalan sesuai rencana, maka ada harapan untuk diandalkan sebagai dorongan pemulihan ekonomi regional Jateng DIY,” kata Sultan.

Menurut Sultan, efek domino dari semua itu diharapkan terjadinya akselerasi pembangunan yang mengkondisikan pemulihan ekonomi yang bersifat indogen berkualitas berkelanjutan dan merata.

Selain itu jalan tol ini juga berdampak memperluas peluang usaha dan lapangan kerja serta meningatakan efisensi dan efektivitas yang berdaya saing, menarik investor baru, memfasilitasi barang dan jasa yang membutuhkan mobiltas cepat.

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button