Kilas Info Daerah

Jika Laki-laki Terinfeksi Covid-19, Peneliti Sebut Bisa Rusak Kesuburan dan Kualitas Sperma

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Sebuah studi baru yang diterbitkan jurnal Reproduction menemukan bahwa kasus infeksi virus corona parah dapat memengaruhi kualitas sperma pria.

Penelitian ini merupakan laporan pertama yang menemukan bahwa paparan virus cocona dapat merusak kualitas sperma atau air mani.

“Hingga sekarang, laporan ini memberikan bukti langsung pertama bahwa infeksi Covid-19 merusak kualitas air mani dan potensi alat reproduksi pria,” tulis studi tersebut, dilansir dari CNN, 30 Januari 2021.

Penurunan kualitas air mani

Melansir Daily Mail, para ahli di Justus-Liebig University di Giessen, Jerman, meneliti 84 pria yang terinfeksi Covid-19 dan 105 subjek kontrol negatif virus yang sesuai usia.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis air mani pada interval 10 hari selama 60 hari.

Studi menemukan adanya penurunan kualitas air mani yang signifikan hingga 60 hari setelah sakit.

Baca juga: Muncul Gejala Baru Covid-19 Mirip Sariawan Disebut Covid Tounge, Waspada Jika Lidah Berbintik Putih

Baca juga: Update Covid-19 Kabupaten Bogor 30 Januari 2021 : Bertambah 92 Sembuh, 96 Positif Baru

Saat para peneliti membandingkan kedua kelompok dalam studi, ditemukan bahwa indikator yang dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan lebih umum di antara pria yang menderita Covid-19.

Indikator tersebut termasuk tanda-tanda pembengkakan, kematian sel sperma, dan stres oksidatif, yakni saat bahan kimia yang mudah menguap menumpuk di jaringan hidup karena sel tidak bekerja dengan baik.

Selain itu, konsentrasi sperma berkurang hingga 516 persen dan mobilitasnya turun 209 persen, meskipun semua pria masih dipastikan subur.

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button