Kilas Info Global

Jimmy Lai dan legislator Hong Kong menghadapi hukuman lima tahun penjara

Beijing (RADAR CIANGSANA) – Taipan media Hong Kong Jimmy Lai dan dua mantan anggota DPRD, Lee Cheuk Yan dan Yeung Sum, terancam hukuman lima tahun penjara.

Dalam sidang di tingkat distrik pada Rabu, Lai, 73, mengaku bersalah karena sengaja ikut serta dalam pertemuan ilegal pada 31 Agustus 2019, atau dua bulan setelah kerusuhan sosial di Hong Kong meletus.

Tokoh oposisi veteran dan mantan anggota parlemen, Yeung (73) dan Lee (64), mengakui pelanggaran serupa tetapi tidak menyesalinya, South China Morning Post melaporkan.

Baca juga: Penyiar radio Hong Kong ditangkap

Baca juga: Aktivis Hong Kong Tony Chung dijatuhi hukuman empat bulan penjara

Hakim Amanda Woodcock menunda pembacaan putusan sampai sidang 16 April terhadap Lai dan tujuh mantan anggota parlemen lainnya dalam kasus terpisah terkait dengan gelombang protes 18 Agustus.

Namun, menurut Undang-Undang Ketertiban Umum di Hong Kong, partisipasi dalam pertemuan ilegal dapat dihukum dengan hukuman penjara hingga lima tahun.

Lai, yang merupakan pendiri Apple Daily dan grup media Next Digital, juga menghadapi tuntutan hukum atas tuduhan berkolusi dengan pihak asing dan membahayakan keamanan nasional sebagaimana diatur dalam National Security Act di Hong Kong.

Baca juga: Hong Kong menahan 15 orang terkait harga saham Next Digital

Reporter: M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
REPOST BY RADAR CIANGSANA 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button