Kilas Info Nasional

Kamala Harris Diambil Sumpah Sebelum Joe Biden? Ini Penjelasan…

loading…

JAKARTA Kamala Devi Harris telah resmi menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat perempuan pertama sekaligus berkulit hitam dan keturunan Asia-Amerika. Namun, yang menarik, pengambilan sumpah ini dilakukan sebelum Presiden Joe Biden di Gedung Capitol.

Berbeda dengan di Indonesia yang biasanya pengambilan sumpah untuk Wakil Presiden dilakukan setelah pengambilan sumpah Presiden. Lalu, apa maknanya?

Imam Besar Islamic Center of New York sekaligus Presiden Nusantara Foundation, Muhammad Shamsi Ali menjelaskan, pengambilan sumpah Wakil Presiden Kamala Harris terlebih dahulu hanya masalah teknis.

Baca juga: Imam Shamsi Ali: Ada Harapan Keadilan bagi Muslim di AS Setelah Ganti Presiden

“Saya kira itu hanya masalah teknis, karena Kamala menjadi Wakil Presiden wanita dan ingin dilantik oleh seorang Hakim wanita,” kata Imam Shamsi dalam dialog virtual Bincang-bincang tentang Biden-Harris, Kamis (21/1/2021).

Untuk diketahui, dalam pengambilan sumpah Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS dipandu oleh Hakim Agung Amerika Serikat Perempuan Pertama, Sonia Sotomayor. “Beliau (Kamala) adalah wanita pertama yang menjadi wakil presiden (yang berkulit) hitam dan (berdarah) Asia Selatan. Dan yang menjadi hakim juga wanita pertama keturunan Hispanik yang menjadi hakim agung di Amerika Serikat,” ungkap Imam.

“Jadi ini mungkin masalah teknis, sehingga beliau dilantik secara terpisah. Kenapa duluan? Karena Presiden adalah gongnya, jadi puncak acaranya kira-kira begitu,” kata Imam Shamsi.

Baca juga: Joe Biden Dilantik Jadi Presiden, Muslim Jangan Takut Masuk Amerika Serikat

(abd)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button