Kilas Info Global

KBRI Roma menggelar peringatan Nuzulul Qur’an

Objek ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak secara spesifik menyebutkan objeknya, sehingga perintah untuk “membaca” harus memiliki dimensi yang sangat luas.

London (RADAR CIANGSANA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma bersama diaspora Muslim Indonesia menggelar pengajian dan doa tafsir Nuzulul Qur’an secara online.

Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional ini dihadiri oleh lebih dari 50 WNI, pelajar dan diaspora Indonesia di berbagai kota di Italia (Roma, Milan, Turin, Venesia dan lain-lain), serta lintas negara. peserta.

Huruf pertama yang diturunkan dalam Alquran yaitu Al Alaq berbunyi ‘Iqra (Baca), dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan’. Tentu saja perintah Allah SWT sangat terkait dengan perintah membaca. think, research, related to teaching and education, ”ujar Dubes RI untuk Italia Esti Andyani saat membuka acara yang menghadirkan pemateri Dr. KH. Ahmad Ikhwani, Lc., MA, alumnus Universitas Al Azhar Kairo dan dosen UIN Raden Intan, Lampung, Indonesia.

Lebih lanjut, Dubes Esti mengimbau kepada seluruh warga negara dan diaspora Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, serta menjaga kewaspadaan dan mematuhi segala ketentuan / peraturan penanganan COVID-19.

Mencermati perkembangan media sosial saat ini, Dubes RI juga mengingatkan kepada semua pihak untuk terus mengedepankan persatuan dan kesatuan, serta menggunakan media sosial secara bijak, menghindari komentar dan penyebaran hoax, informasi yang provokatif, saling mengadu, mempermalukan dan memfitnah, dan hal-hal negatif lainnya. tindakan.

Peserta virtual peringatan Nuzulul Qur’an di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, Italia pada Minggu, 2 Mei 2021. (RADAR CIANGSANA / HO Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma)

Sementara itu, Dr. KH Ahmad Ikhwani memaparkan berbagai hikmah Nuzulul Qur’an terkait pandemi COVID-19, antara lain pentingnya pendidikan, menjaga kesabaran, rasa syukur, tolong bantu dan kerja sama, serta pentingnya menjalankan prioritas hidup.

Ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak secara spesifik menyebutkan objeknya, sehingga perintah untuk membaca harus memiliki dimensi yang sangat luas, jelasnya.

Lebih lanjut Ikhwani menjelaskan bahwa penting bagi setiap muslim untuk mengetahui “ibroh” (hikmah) di balik peristiwa tersebut, bahkan musibah yang menimpanya. Karena orang bijak adalah orang yang mampu mengambil hikmah, katanya.

Menutup tausiyahnya, Ikhwani menjelaskan, “dengan mengetahui hikmah Nuzulul Qur’an, kita diharapkan menjadi muslim yang lebih berhati-hati, berakhlak mulia, dan lebih bertanggung jawab.

Para peserta kegiatan juga cukup antusias menanyakan berbagai pertanyaan terkait kearifan Nuzulul Qur’an dan dinamika pendidikan di “dunia / negara Islam” yang dipandu oleh moderator Mayor (Sus) Isran Anshori, asisten. Atase Pertahanan KBRI Roma.

Saat ini, situasi penanganan COVID-19 di Italia semakin membaik, dan sebagian besar Italia masuk dalam “zona kuning”. Namun, keadaan darurat nasional COVID-19 di Italia telah diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

KBRI Roma berencana untuk mengadakan doa dan khutbah Idul Fitri 1 Syawal 1442 H (2021M) dalam jumlah terbatas di Wisma Duta dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan. Kegiatan sholat Idul Fitri dan silaturahmi akan menutup rangkaian kegiatan “Rahmah” KBRI Roma tahun 2021.

Baca juga: Pertemuan virtual KBRI Ramadhan dengan WNI di Amerika dan Karibia

Baca juga: KBRI mendistribusikan paket bantuan COVID kepada WNI di Hawassa Ethiopia

Reporter: Munawir Aziz
Editor: Fardah Assegaf
REPOST BY RADAR CIANGSANA 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button