Kilas Info Daerah

Kemendikbud Dorong Kuliner Garut Jadi Wisata Edukasi Budaya

RADARCIANGSANA.COM, GARUT — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong dunia usaha kuliner di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk mengembangkan produk kuliner khas daerah menjadi destinasi wisata edukasi budaya. Ini memberikan manfaat ekonomi dengan tetap menjaga identitas nasional.

“Kita gabungkan pemerintah sebagai fasilitator, masyarakat kita dorong, sehingga gerakan itu berasal dari mereka,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya Kemendikbud, Ristek, Restu Gunawan saat Workshop Kuliner Nusantara bersama peserta dari berbagai penggiat bisnis kuliner dan pendidik di Indonesia. Kabupaten Garut, Minggu (13/6).

Ia mengatakan, kementerian bersama Komisi X DPR RI berupaya mendorong pengembangan berbagai produk kuliner di Indonesia, salah satunya kuliner khas Kabupaten Garut. Menurutnya kuliner di Garut cukup beragam sehingga perlu dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik karena kuliner yang berkembang selama ini merupakan warisan leluhur yang memiliki nilai budaya.

“Masakan Garut itu banyak, perlu kita angkat, makanya kita perlu mengajak teman-teman di komunitas agar ini terus berlanjut,” kata Restu.

Ia berharap workshop kuliner Indonesia yang diadakan di Jakarta dapat Garut dapat melahirkan berbagai kegiatan seperti festival yang mempromosikan dan memperkenalkan kuliner nusantara. Selain itu, lanjutnya, adanya kegiatan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh para pendidik yang hadir dalam acara tersebut untuk memperkenalkan kepada anak didiknya bahwa di Garut umumnya Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang patut menjadi kebanggaan bersama.

“Kita mulai mengajak bersama, wah kulinernya beragam di Garut, ada ini, ada ini, nanti anak-anak mulai enjoy, punya rasa memiliki dan sebagainya,” ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mendukung program tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai mitra kerja Komisi X untuk menjaga nilai budaya melalui kegiatan pengembangan produk kuliner yang telah berkembang di Indonesia sejak lama. Ia berharap keberadaan kuliner di setiap kota/kabupaten menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi nilai jual yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

“Kalau ini sudah kita ketahui, sehingga menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan,” ujarnya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang didukung oleh DPR RI yang telah memilih Garut untuk Workshop Kuliner Nusantara karena dampaknya akan mendorong berkembangnya kuliner khas. kesenian di Garut. Menurutnya, kegiatan ini merupakan program budaya untuk menjaga ragam kuliner di Garut agar terus dikembangkan dan menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Saya menyambut baik workshop ini dengan harapan akan muncul kelezatan kuliner Indonesia di Garut sehingga menjadi keanekaragaman yang unik dan menjadi destinasi wisata,” ujarnya.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button