Kilas Info Daerah

Kerjasama Infrastruktur Hijau Indonesia – Jerman di Jawa Barat

JAKARTA | Radarciangsana.com – Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan lembaga ahli Jerman untuk mengembangkan infrastruktur hijau. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi prioritas.

Infrastruktur hijau yang dikenal dengan Green Infrastructure Initiative (GII) menawarkan pembiayaan inovatif yang mencakup pengelolaan air, pengolahan limbah dan limbah, serta transportasi perkotaan.

“Kami sangat senang dan bangga terpilih sebagai salah satu mitra provinsi untuk Inisiatif Infrastruktur Hijau,” katanya usai Rapat Komite Pengarah Kick Off Jerman-Indonesia untuk Inisiatif Infrastruktur Hijau dengan Menteri Koordinator Indonesia untuk Marves, secara virtual dari Makodam Jayakarta, Jakarta, Kamis (4/3 / 2021).

Baca juga: Ups…. !! Izin Usaha PT. Permata Motor Indramayu Diduga Mal Administrasi

Menurutnya, program infrastruktur hijau di Jabar akan difokuskan pada pengembangan beberapa wilayah metropolitan. “Inilah yang dibutuhkan Jabar dalam mengembangkan wilayah metropolitan Bandung, Cirebon, dan Bogor,” kata Gubernur.

Dengan pembiayaan inovatif ini, kata Ridwan Kamil, Pemprov Jabar tidak perlu lagi mengandalkan APBD yang saat ini lebih mengutamakan penanganan pandemi COVID-19.

“Green Infrastructure Initiative menawarkan pembiayaan inovatif sehingga kita tidak harus bergantung pada anggaran provinsi. Oleh karena itu, Pemprov Jabar menyambut baik inisiatif ini,” ujarnya.

Bertindak sebagai konsultan ahli dalam Green Infrastructure Initiative, yaitu Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Kfw Entwicklungsbank (KfW). GIZ akan mengarahkan proyek di tingkat teknis, sedangkan KfW di bidang pembiayaan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button