Keagamaan

Khutbah Jum’at: Jihad Yang Bisa Kita Lakukan Di Sekitar Kita

Selama ini sebagian orang menganggap jihad hanya bisa dilakukan di medan perang. Padahal konsep jihad juga ada di sekitar kita. Lalu apa saja jihad di sekitar kita? Khotbah Jumat ini menjelaskan beberapa kategori jihad yang ada di sekitar kita.

Khotbah 1

الحمد لله الذي شرع لنا دينا قويما مهيمنا على جميع الأنا دينا قويما مهيمنا على جميع الأنا دينا قويما مهيمنا على جميع الأديا وأشهد أن لا إله إلا الله الواحد الديان. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَلَّذِيْ بَلَّغَ الدِّيْنَ وَنَشَّرَهُ بِاللِّسَانِ وَالسِّ. أَلّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أُوْلِى النُّهَى وَالْإِحْسَانِ. أَمَّا بَعْدُ

فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ عهِال

يا أيها الذين آمنوا هل أدلكم على تجارة تنجيكم من عذاب أليم * تؤمنون بالله ورسوله وتجاهدون فيللبيم

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Puji syukur atas kehadiran Allah SWT yang telah memberikan nikmat keimanan dan keislaman serta kesehatan yang nikmat sehingga kita bisa berkumpul di masjid agung ini tanpa ada halangan apapun.

Salawat dan salam kami berikan untuk junjungan Nabi Muhammad SAW Shallahu Alaihi Wasallam yang telah membimbing para pengikutnya dari era ketidaktahuan hingga era ilmiah seperti sekarang ini.

Di awal khutbah ini akan ada wasiat bagi para da’i, khususnya jamaah, untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya dengan sebaik-baiknya.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Suatu hari Nabi Muhammad didatangi oleh seseorang yang ingin meminta ijinnya. Kemudian Nabi bertanya kepada pria itu:

“Apakah orang tuamu masih hidup?”

Kemudian orang tersebut menjawab: “Ya, kemudian Nabi menasehati dia untuk mengabdi dan mencari kesenangan dari keduanya. Dari sini Nabi menegaskan bahwa berbakti kepada orang tua adalah salah satu bentuk jihad.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyaknya orang yang salah paham dengan konsep jihad sehingga perilaku mereka menjadi jahat. Niat hati adalah untuk melakukan yang baik tetapi karena kurangnya pengetahuan dia membuatnya melakukan kejahatan

Pada dasarnya jihad memiliki arti yang sangat luas, tidak selalu identik dengan peperangan melawan musuh semata. Namun penggunaan jihad mencakup berbagai dimensi kehidupan seperti cerita di atas yaitu berbakti kepada orang tua termasuk jihad.

Baca juga: Jihad Ekonomi adalah Wajib untuk Kemakmuran Komunitas, Muslim dan Non-Muslim

Ada banyak bentuk amal shalih yang seringkali tidak disadari bahwa amalan termasuk dalam kategori jihad, antara lain:

Pertama. Mempelajari ilmu-ilmu agama dikategorikan sebagai jihad. Bahkan Al-Qur’an menampung semua umat Islam agar tidak berperang, tetapi harus ada yang peduli di bidang studi agama. Hal ini dimaksudkan agar ada orang yang selalu diingatkan akan kebaikan dan dijauhkan dari berbagai macam kejahatan.

Ini sesuai dengan ayat yang berbunyi:

وما كان المؤمنون لينفروا كافة فلولا نفر من كل فرقة منهم طائفة ليتفقهوا في الدين ولينذرواموادين ليلوها

Berarti:

“Tidak pantas bagi orang-orang beriman untuk pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari masing-masing kelompok di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memperingatkan orang-orang mereka ketika mereka kembali kepada mereka, sehingga mereka dapat melindungi diri mereka sendiri, “(QS At Taubah: 122).

Imam ar Razi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat tersebut mengandung 3 kewajiban yang perlu dipahami. Pertama, ajaklah untuk kebaikan. Kedua, urutan hal-hal yang bersifat ma’ruf. Ketiga, cegah kejahatan.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Kedua. Haji termasuk dalam kategori jihad. Mengapa demikian? Karena untuk memenuhi rukun kelima ini membutuhkan fisik yang sehat dan biaya yang cukup selama menjalankan ibadah haji.

Hal tersebut sesuai dengan perkataan Nabi Muhammad SAW

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺃﻡ اﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ، ﺃﻧﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ يَا رَسولَ اللَّهِ ، نَرَى الجِهَادَ أفْضَلَ العَمَلِ ، أفلا نُجَاهِدُ؟ قالَ: لَا ، لَكِنَّ أفْضَلَ الجِهَادِ حَجٌّ مَبْرُورٌ. رواه البخاري

Artinya: Diriwayatkan dari Siti Aisyah Ummil Mukminin radiyallahu anha, bahwa beliau bersabda: Ya Rasulullah, Kami memandang jihad sebagai perbuatan kebaikan yang terpenting, apakah kami harus ikut berjihad? Nabi menjawab: “tidak, tapi yang terpenting jihad adalah naik haji mabrur. (HR. Bukhari)

Ketiga. Memberikan nasehat yang baik, termasuk jihad, terutama kepada penguasa yang bengis. Namun dengan cara yang baik dan sopan serta menjauhi sikap sombong yang didominasi oleh amarah.

Hal tersebut sesuai dengan penjelasan hadits yang berbunyi

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ: «إِنَّ مِنْ أَعْظَمِ الْجه عليه وسلم- telah diterjemahkan

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Said Al Khudzri bahwa Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Sebenarnya jihad terbesar adalah menyampaikan kalimat kebenaran kepada penguasa / dhalim yang bengis. (HR An Nasa’i)

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Keempat. Memerangi hawa nafsu, termasuk jihad. Dalam hal ini, Imam Al Mawardi mengutip perkataan Imam Hasan Al Basri yang mengemukakan bahwa jihad yang terpenting adalah jihad melawan hawa nafsu.

Bahkan Imam Ali Ad Daqqaq pernah bersabda:

ﻣَﻦْ ﺯَﻳََّﻦَ ﻇَﺎﻫِﺮَﻩُ ﺑِﺎْﻟﻤُﺠَﺎﻫَﺪَﺓِ ﺣَﺴَّﻦَ اﻟﻠَّﻪُ ﺳَﺮَاﺋِﺮَﻩُ ﺑِﺎﻟْﻤُﺸَﺎﻫَﺪَﺓِ

Barangsiapa menghiasi dirinya (dhahir) maka Allah akan memberikan kebaikan pada pikirannya melalui musyahadah.

Kelima. Amar makruf adalah jihad. Imam Ar Razi mengutip perkataan sahabat Ali bin Abi Thalib yang berbunyi:

ﺃَﻓْﻀَﻞُ اﻟﺠِﻬَﺎﺩِ اَﻷْﻣْﺮُ ﺑِﺎْﻟﻤَﻌْﺮُﻭْﻑِ ﻭَاﻟﻨَّﻬْﻲُ ﻋَﻦِ اﻟﻤُﻨْﻜَﺮِ ، ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﻳْﻀًﺎ: ﻣَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﻌْﺮِﻑْ ﺑِﻘَﻠْﺒِﻪِ ﻣَﻌْﺮُﻭْﻓًﺎ ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﻨْﻜِﺮْ ﻣُﻨْﻜَﺮًا ﻧَﻜﺲ ﻭَﺟَﻌَﻞَ ﺃَﻋْﻼَﻩُ ﺃَﺳْﻔَﻠَﻪُ ،

Jihad yang terpenting adalah menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar. Dia juga berkata: “Barangsiapa tidak mengetahui kebaikan di dalam hatinya dan tidak mencegah hal-hal jahat, dia akan dijungkirbalikkan dengan membuat hal-hal yang mulia menjadi tercela.

Keenam. Memenuhi semua kewajiban juga termasuk jihad. Inilah jihad di sekitar kita yang sangat mudah kita lakukan. Hal tersebut sesuai dengan cerita Umm Anas saat meminta nasehat kepada Nabi.

عن ام أنس أنها قالت لرسول الله صلی الله عليه و آله: يا رسول الله قال: اهجري المعاصى فإنها أفضل الهجرة, وحافظى على الفرائض فإنها أفضل الجهاد, وأكثرى من ذكر الله فإنك لا تأتين الله بشيء أحب إليه من كثرة ذكره. رواه الطبراني

Artinya: Diriwayatkan dari Umm Anas Radhiyallahu Anha bahwa beliau bersabda: “Ya Rasulullah, nasihati saya. Kemudian Nabi memberi nasehat:“ Hindari maksiat karena yang terbaik adalah hijrah dan urus semua kewajibanmu karena itu yang paling penting jihad dan memperbanyak dzikir kepada Allah karena Anda tidak akan bisa melakukan sesuatu yang dicintai Allah lebih dari memperbanyak dzikir kepada-Nya. (HR. Thabrani)

Ketujuh. Membangun masjid, tempat yang digunakan sebagai sarana beribadah atau untuk kepentingan umum juga termasuk jihad.

Imam Al Qurthubi dalam tafsirnya mengutip perkataan sahabat Abdullah bin Abbas yang mendalilkan itu

ﺃَﻓْﻀَﻞُ اﻟﺠِﻬَﺎﺩِ ﻣَﻦْ ﺑَﻨَﻰ ﻣَﺴْﺠِﺪًا ﻳُﻌَﻠِّﻢُ ﻓِﻴْﻪِ اﻟﻘﺮﺁﻥَ ﻭَاﻟﻔِﻘْﻪَ ﻭَاﻟﺴُّﻨَّﺔَ.

Jihad utama adalah membangun masjid yang digunakan untuk mengajarkan Alquran, fiqh, dan Sunnah Nabi.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah

Dari uraian di atas dapat dipahami bahwa Islam menjelaskan konsep jihad secara jelas dan jelas dengan berbagai kategori sehingga umat Islam tinggal menjalankannya sesuai dengan kemampuan dan kondisinya sesuai kebutuhan.

Jika dia mampu berperang secara materi, maka jihad dengan harta yang dimilikinya. Dan mereka yang memiliki kapasitas ilmu yang mumpuni harus berjihad dengan ilmunya.

Dengan demikian, apapun usaha dan perbuatan yang kita lakukan menjadi sarana agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah dan kedudukannya yang mulia bersama-Nya.

Semoga khotbah singkat ini membawa banyak manfaat dan Allah memberikan kekuatan untuk berjuang demi menjalankan ajaran agama-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل مني ومنكم مني و

Khotbah 2

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. واشهد ان لا اله الا الله والله وحده لا شريك له واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله الداعى الى رضوانه. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًب اَمَّا

فيا ايها الناس اتقوا الله فيما امر وانتهوا عما نهى واعلموا ان الله امركم بامر بدأ فيه بنفسه وثنى بملآ ئكته بقدسه وقال تعالى ان الله وملآ ئكته يصلون على النبى يآ ايها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.

اللهم صل على سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آل سيدنا محمد وعلى انبيآئك ورسلك وملآئكة المقربين وارض اللهم عن الخلفاء الراشدين ابى بكروعمر وعثمان وعلى وعن بقية الصحابة والتابعين وتابعي التابعين لهم باحسان الىيوم الدين وارض عنا معهم برحمتك يا ارحم الراحمين

اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الاحيآء منهم والاموات اللهم ادفع عنا البلاء والوباء والزلازل والمحن ما ظهر منها وما بطن عن بلدنا اندونيسيا خآصة وسائر البلدان المسلمين عآمة يا رب العالمين. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عبادالله ان الله يأمركم بالعدل والاحسان وإيتآء ذى القربى وينهى عن الفحشآء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون واذكرواالله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكر الله اكبر

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button