Kilas Info Nasional

Kisah Bani Israil Dimasukkan ke Neraka 1000 Tahun Akhirnya Memasuki …

Memuat …

Kisah a Bani Israel dimasukkan neraka selama 1000 tahun, kita harus menjadikannya ‘ibrah bahwa Allah Maha Penyayang. Ketika kita berbaik hati (husnzhzhan) kepada Allah, maka Allah juga akan memberi kita kebaikan.

Al-Habib Quraisy Baharun menceritakan luasnya rahmat dan kasih sayang Allah Ta’ala. Ia mengutip kisah hikmah dari buku “Ihya Ulumuddin Volume 4 bab karya al-Khauf wa al-Raja ‘ Imam Al-Ghazali. Dikatakan, satu Bani Israel dimasukkan ke dalam neraka selama 1.000 tahun dan terus berteriak untuk nama Allah.

Baca juga: Kisah pertobatan zina yang membuat takjub Nabi

Kemudian, Jibril diperintahkan untuk membawanya ke hadapan-Nya. Allah bertanya: “Bagaimana kondisi tempatmu?”
“Sangat jelek, ya Allah,” jawabnya.

Jadi Allah juga memerintahkannya untuk kembali ke neraka. Dia berjalan keluar dan tiba-tiba berbalik kepada Tuhan. Kemudian bertanya: “Mengapa Anda berbalik?”

Pria itu menjawab: “Karena saya sangat berharap Anda tidak akan mengembalikan saya ke neraka setelah beberapa saat saya diusir.”

Allah ‘Azza wa jalla kemudian memerintahkan para malaikat untuk memasukkannya ke surga. Pria dari Bani Israil pergi ke surga karena sikapnya hunsuzzhan-dan memiliki harapan rahmat dan ampunan Allah.

Terlepas dari benar atau tidaknya kisah yang diceritakan oleh Hujjatul Islam di atas, Imam Al-Ghazali ingin mengajak para pembaca untuk setia pada pikirannya, meminta keselamatan melalui pengampunan dan rahmat Allah. Mereka yang penuh dengan dosa tetapi masih berharap dalam pengampunan-Nya akan dirangkul oleh belas kasih-Nya.

Berbaik hati kepada Allah, maka Allah akan memberikan kebaikan. Yakinlah bahwa Allah Maha Pengampun, niscaya Dia juga akan mengampuni dosa hamba-hamba-Nya, ”ujar Habib Quraisy Baharun seperti dikutip dari online study-nya.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button