Kilas Info Nasional

Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga…

loading…

Keberadaan Gunung Merapi menjadi bagian dari warga lereng di empat kabupaten di DIY dan Jawa tengah. Di balik erupsi yang sering terjadi, Gunung Merapi selalu memberikan manfaat bagi warga sekitar dengan kesuburan tanahnya.

Sangat wajar jika warga di lereng Merapi enggan pindah meskipun terkadang bahaya mengancam mereka. Kepercayaan bahwa Merapi tidak pernah ingkar janji dan selalu memberikan tanda, menjadikan warga sangat damai berada di lereng gunung api teraktif di Indonesia itu.

Baca juga: Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar

Di balik kenyamanan tersebut, warga juga percaya ada yang menunggu gunung tersebut. Salah satunya adalah Nyi Gadung Melati. Sosok perempuan cantik yang sudah janda inilah yang dipercaya memberikan kesuburan dan alam yang hijau di lereng Merapi.

Nyai Gadung Melati, tokoh ini menurut kepercayaan Jawa memiliki tugas memelihara kehijauan tanaman Merapi. Selain Nyi Gadung Melati, di puncak Merapi juga dipercaya ada sebuah Keraton yang mirip dengan keraton Mataram, sehingga ada yang mengatur hirarki pemerintahan. Keraton Merapi itu menurut kepercayaan masyarakat setempat diperintah oleh kakak beradik yaitu Empu Rama dan Empu Permadi.

Baca juga: Kisah Kesaktian Hang Tuah dan Keris Taming Sari Menjaga Kedaulatan Kesultanan Malaka

Seperti halnya pemerintahan sebagai Kepala Negara (Empu Rama dan Empu Permadi) melimpahkan kekuasaannya kepada Kyai Sapu Jagad yang bertugas mengatur keadaan alam Gunung Merapi. Berikutnya ada juga Nyai Gadung Melati, tokoh ini bertugas memelihara kehijauan tanaman Merapi. Ada Kartadimeja yang bertugas memelihara ternak keraton dan sebagai komando pasukan makhluk halus.

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button