Info Aktual

Komjen Listyo Sigit akan Aktifkan Lagi Pam Swakarsa, ini Penjelasan Polri | RADAR BOGOR

Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Foto : jawapos.com

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kapolri baru Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berencana mengaktifkan kembali Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa.

Hal itu menjadi salah satu program kerjanya yang diutarakan saat fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, Pam Swakarsa ini ditujukan untuk menjaga keamanan lingkungan. Pam Swakarsa ini juga secara aktif melibatkan masyarakat.

universitas pakuan unpak

“Pengamanan Swakarsa terbentuk atas kemauan dan kesadaran sendiri dari kepentingan masyarakat untuk kehadiran fungsi Kepolisian agar lingkungannya aman,” kata Ramadhan, Sabtu (23/1/2021).

Dia menjelaskan, Pam Swakarsa telah diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002. Sebagai aturan turunannya, telah diterbitkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020.

“Di dalam Perkap tersebut diatur beberapa aspek, yang pertama satuan pengamanan atau satpam, satuan keamanan lingkungan atau satkamling hingga perizinan yang dikeluarkan oleh Polri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menuturkan, perekrutan personel Pam Swakarsa akan dilaksanakan melalui seleksi ketat. Nantinya, semua akan terhubung dengan aparat Kepolisian hingga tingkat Polda.

“Perekrutan Pam Swakarsa melalui badan usaha fokus pada pengamanan. Jadi akan dilakukan seleksi kemudian dilaporkan kepada Binmas masing-masing Polda dan dilanjutkan ke Mabes Polri,” jelasnya.

Sebelumnya, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengaku akan mengaktifkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau biasa disebut Pam Swakarsa.

“Ke depan, tentunya Pam Swakarsa perlu diperanaktifkan dalam mewujudkan Harkamtibmas. Jadi, kita hidupkan kembali. Tentunya kita integrasikan dengan perkembangan teknologi dan informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Polri,” ujar Sigit dalam fit and proper test di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Kapala Bareskrim ini menambahkan, nantinya Pam Swakarsa ini akan diintegrasikan dengan perkembangan teknologi informasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di Polri. “Sehingga kemudian bagaimana Pam Swakarsa ini bisa tersambung atau terkoneksi dengan petugas-petugas kepolisian,” katanya. (jpg)

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button