Berita

Komplikasi Covid-19 pada Anak Sembuh dalam 6 Bulan

Jakarta, Radar Ciangsana –

Efek dan gejala parah yang menyertai MIS-C, akibat komplikasi yang jarang terjadi Covid-19 pada anak-anak, ditemukan menghilang setelah enam bulan dirawat di rumah sakit. Ini ditemukan dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien anak di sebuah rumah sakit di London, Inggris.

Studi tersebut dipublikasikan Senin (24/5) di jurnal Kesehatan Anak & Remaja Lancet mengamati perkembangan hampir 46 anak yang dirawat karena MIS-C.

MIS-C atau sindrom inflamasi multisistem adalah kondisi respons sistem kekebalan tubuh yang langka dan ekstrem terhadap serangan virus. Anak-anak dengan MIS-C perlu mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Enam bulan setelah keluar dari rumah sakit, sebagian besar anak dalam penelitian ini tidak menunjukkan gejala parah terkait MIS-C, seperti masalah perut, pembengkakan, kelainan jantung, dan masalah neurologis.

Namun, beberapa gejala ditemukan tetap ada pada anak-anak dengan kondisi tertentu. Sebanyak 6 anak ditemukan masih mengalami gangguan lambung, 2 anak mengalami gangguan jantung, 1 anak mengalami peradangan sistematik, dan 18 anak mengalami gangguan saraf.

Penelitian juga menemukan kemampuan berjalan beberapa anak yang berada di bawah rata-rata. Namun, peneliti tidak dapat memastikan apakah kondisi ini terkait dengan MIS-C atau tidak. Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pandemi menyebabkan keterlambatan perkembangan pada anak.

Beberapa anak juga tampaknya mengalami kesulitan berolahraga karena kelelahan yang terus-menerus. Dokter dan orang tua didorong untuk terus memantau anak.

Para peneliti percaya bahwa beberapa anak dalam penelitian ini masih membutuhkan perawatan, terutama untuk kesehatan mentalnya. “Trauma dan kecemasan sangat menonjol sebagai konsekuensi langsung Covid-19 yang mempengaruhi keluarga,” kata penelitian tersebut CNN.

Spesialis penyakit menular anak Justin Penner, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan temuan tersebut membawa harapan positif bagi anak-anak dengan kondisi MIS-C. Dalam enam bulan, gejala yang terkait dengan MIS-C diperkirakan akan hilang.

Namun, keletihan yang berlanjut, kesulitan berolahraga, dan efek kesehatan mental yang kami lihat pada beberapa anak, harus diawasi dengan ketat, ”tambahnya.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button