Kilas Info Nasional

Krisis Pangan Mangancam, Gardellive Kebun Komunitas Berbasis…

loading…

SURABAYASektor perkebunan sebagai salah satu penopang perekonomian di Indonesia. Adanya sentuhan teknologi yang semakin canggih membawa sektor ini untuk terus bertahan dan berkembang.

Baca juga: Impor Bahan Pangan Butuh Solusi Serius

Salah satunya yang dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan membuat suatu aplikasi bernama Gardellive. Aplikasi ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan telepon seluler dan kondisi kebun komunitas dengan memanfaatkan sensor berbasis artificial intelligence (AI).

Masyarakat urban memiliki kecenderungan daya beli yang rendah untuk menanam dan memanen kebutuhan pangannya sendiri. Padahal, dengan menanam dan memanen sendiri setidaknya masyarakat akan dapat meminimalisasi pengeluaran dan justru bisa menambah pemasukan.

Muhammad Nur Slamet, Ketua Tim Penggagas Gardellive menuturkan, masyarakat akan lebih mudah menanam sendiri dan mengonsumsi hasilnya ataupun memperjual belikannya menggunakan Gardellive.

“Selain latar belakang perekonomian, ide ini kami gagas dengan harapan dapat menunjang pemenuhan kebutuhan pangan empat sehat lima sempurna masyarakat urban,” kata Omet, panggilan akrabnya.

Baca juga: Gempa Berpusat di Daratan Kembali Guncang Wilayah Sulawesi Barat

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button