[KROSCEK] Sri Mulyani Jebloskan SBY ke Penjara – TurnBackHoax.ID


Hasil cek fakta Ari Dwi Prasetyo.

Padahal informasi tersebut tidak benar. Konten dalam video Tiktok membahas kerjasama Sri Mulyani dengan Kejaksaan Agung terkait pemberantasan korupsi dan pencucian uang dan sama sekali tidak membahas Sri Mulyani yang menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = = =

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = = =

SUMBER: Tiktok
https://perma.cc/9TQM-TNH9
= = = = = =

CERITA:

“Akhirnya, keputusan Sri Mulyani bulat bahwa SBY harus dipenjara.
keputusan bulat!!! SBY bersiap-siap dipenjara… Sri Mulyani – Kejagung.”

= = = = = =

PENJELASAN:

Akun Tiktok dengan nama pengguna “@abimemory45” mengunggah video dengan narasi bahwa Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung telah sepakat untuk menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut merupakan informasi yang tidak benar. Tidak ada berita tentang Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung yang menjebloskan SBY ke penjara. Video tersebut lebih lanjut membahas kerja sama antara Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung dalam pemberantasan korupsi dan pencucian uang.

Narasi dalam video tersebut mirip dengan berita milik Kompas.com yang berjudul “Pemberantasan Korupsi dan Pencucian Uang, Sri Mulyani Berkolaborasi dengan Kejaksaan Agung”. kemudian video klip yang di unggah di TikTok juga diambil dari berbagai sumber seperti video milik Kompas TV berjudul “Pernyataan Jaksa Agung Tentang Penangkapan Surya Darmadi, Tersangka Korupsi Rp 78 Triliun”, dan dari video YouTube berjudul “Makna Cinta Tanah Air Bagi Sri Mulyani Indrawati”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Tiktok dengan username “@abimemory45” dapat dikategorikan sebagai Konten Menyesatkan.

= = = = = =

REFERENSI:

https://amp.kompas.com/money/read/2022/06/16/182005126/berantas-korupsi-dan-pencepatan-uang-sri-mulyani-gandeng-jaksa-agung
https://www.youtube.com/watch?v=XBju5_Onh-E
https://www.youtube.com/watch?v=4h0-_wtjpyc

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button