Info Aktual

Kuartal I 2021, Arus Kontainer Pelindo I Meningkat

Terminal peti kemas yang dikelola oleh PT Pelindo I. Foto dok Pelindo I

Radarciangsana.com, BIDANG – PT Pelindo 1 mencatat arus peti kemas 360.646 TEUs (duapuluh kaki ekuivalen unit), meningkat 10 persen dibandingkan triwulan I tahun 2020 sebesar 327.742 TEUs.

Peningkatan lalu lintas peti kemas tersebut disebabkan arus peti kemas internasional di Terminal Peti Kemas Belawan (TPK), Terminal Multiguna (KTMT) Kuala Tanjung, dan Cabang Pekanbaru selama triwulan I 2021 sebesar 141.161 TEUs, naik 3,65% jika dibandingkan ke periode yang sama. pada tahun 2020 sebanyak 136.196 TEUs.

Pelindo 1 melayani kunjungan kapal dengan total volume angkut 52.162.812 GT (gross tonnage), meningkat 33,37% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 39.111.260 GT.

Sekretaris Perusahaan SVP Basuki Soleh menjelaskan, kenaikan ini disebabkan adanya peningkatan kapal kargo dan wadah di pelabuhan umum, khususnya di cabang Pelabuhan Belawan.

Tidak hanya itu, peningkatan juga disebabkan oleh peningkatan kunjungan kapal kargo (liquid bulk, dry bulk, dan general cargo) di Terminal Khusus (Tersus) yang dilayani oleh Pelindo 1 Cabang Dumai, Batam, Tanjung Balai Karimun, Sei Pakning, dan Pekanbaru.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 belum berakhir, Pelindo 1 optimistis bisa terus mencatat lalu lintas bongkar muat yang terus meningkat,” kata Basuki.

Strategi yang akan dilakukan oleh Pelindo 1 adalah dengan memperkuat bisnis jasa kelautan, mengembangkan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri, mendigitalkan pelabuhan, jasa logistik terintegrasi, dan meningkatkan kerjasama dengan mitra strategis.

Basuki Soleh menjelaskan, pada tahun ini Pelindo 1 terus melakukan percepatan pembangunan Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung (Kuala Tanjung PIE), salah satunya melalui sejumlah kerja sama dengan mitra strategis.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button