Peristiwa

Kurang Representatif, Warga Jonggol Minta Kantor KUA Dipindah

Kondisi Kantor KUA Jonggol yang terletak di Desa Singajaya selain jauh dari jangkauan warga, pasilitas parkiran juga sangat sempit.

FAKTARAKYAT.COM – Warga Kecamatan Jonggol, me­minta Kantor Urusan Agama (KUA) dipindah ke lokasi yang lebih strategis dan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat yang tersebar di 14 desa. Lantaran kondisi kantor KUA saat ini, selain memiliki lahan parkiran yang sangat sempit, posisi kantor juga dinilai kurang representatif karena letaknya jauh dari perkantoran muspika Jonggol.

Agar cepat terealisasi Pemkab Bogor harus menyediakan tanah berupa hibah ke pihak Kemenag kabupaten Bogor untuk tempat pembangunan KUA Kecamatan Jonggol. Setelah tersedianya lahan tersebut maka kementerian agama memiliki kewajiban untuk membangun sarana Kantor KUA yang baru selaras dengan program unggulan Bupati Bogor yaitu program Pancakarsa.

Hal tersebut disam­paikan warga Desa Balekambang Jonggol Herman saat mengurus proses administrasi pernikahan putrinya di Kantor KUA, pada Jumat (8/1/2021).

Menurutnya pelayanan KUA Kecamatan Jonggol sangat baik dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada warga. Namun, kata dia, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik, bangunan kantor KUA harus segera dipindahkan.

“Kami melihat keberadaan Kan­tor KUA Kecamatan Jonggol le­taknya belum representa­tif karena berada di lokasi yang kurang strategis. Seharusnya letak kantor harus berdekatan dengan kantor Muspika Jonggol. Pelayanan KUA sampai saat ini masih bagus, hanya lokasinya terlalu jauh, itu yang kerap dikeluhkan oleh warga Jonggol. Idealnya posisi kantor KUA yang paling strategis berdekatan dengan kantor Muspika lainnya, sehingga pengurusan administrasi akan lebih mudah dan cepat,” jelas Herman.

Menurutnya, Idealnya kantor KUA itu berada di lokasi yang lebih mu­dah diakses masyarakat dan strategis seperti di pusat perkantoran lainnya yang ada di Kecamatan Jonggol.

Dengan begitu, dia ber­harap dengan memiliki kantor yang lebih luas bisa bekerja lebih maksimal dalam member­ikan kontribusi dan sarana untuk Kantor KUA dalam meningkatkan pelayanannya. Hal ini, tambah dia, sesuai dengan program Pancakarsa yang selama ini menjadi skala prioritas dalam meningkatkan pembangunan Pemkab Bogor.

“Karena itu kami mewakili warga Jonggol sangat ber­harap kepada kementrian agama untuk segera merespon dan merencanakan pemindahan kantor KUA yang lebih representatif agar program pancakarsa bisa membumi di wilayah Bogor Timur ini,” harapnya. (HIN/HAS).

Email Autoresponder indonesia

Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button