Info Aktual

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut mengatakan ada sembilan potensi gempa bumi selama tahun 2021, ini daftarnya …

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut mengatakan sejumlah daerah berpotensi terguncang gempa. Ilustrasi: Antara

Radarciangsana.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada sembilan daerah yang perlu diwaspadai potensi gempa selama 2021.

Dia menyebutkan sembilan wilayah yang dimaksud adalah Mentawai, Bengkulu-Lampung, Selat Sunda-Banten, Bali Selatan, Laut Sulawesi Utara-Maluku, Aceh, Sorong, Matano, dan Lembang.

Ini harus kita waspadai semua, kata Luhut pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Jakarta, Kamis (4/3).

Menurut dia, analisis sembilan wilayah tersebut dilakukan berdasarkan data zona aktif potensial, celah seismik, dan hubungan frekuensi dan magnitudo gempa. Namun, kata Luhut, pemerintah belum bisa memastikan kapan fenomena tersebut terjadi.

“Tapi sewaktu-waktu bisa terjadi. Misalnya lempeng Lembang, kita sudah banyak bercerita kepada kita, memberi pengarahan tentang betapa berbahayanya bisa akibat pergeseran itu. Padahal itu melewati kota Bandung,” ujarnya. menjelaskan.

Ia juga mengingatkan bahwa kesadaran akan gempa dan tsunami perlu ditingkatkan.

“Indonesia sudah mengalaminya berkali-kali, yang besar ada di Aceh, Banten, Palu. Kita sudah banyak melihat. Kalau saya tidak belajar dari sana lagi, saya tidak mengerti lagi,” ujarnya.

Luhut mengatakan, saat ini pemerintah telah membuat sistem mitigasi gempa dan tsunami sebagai implementasi Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2019 tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa dan Peringatan Dini Tsunami (InaTEWS).

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button