Kilas Info Global

Pelajar Indonesia di AS mengumpulkan donasi melalui kompetisi virtual

Jakarta (RADAR CIANGSANA) – Persatuan Pelajar Indonesia Bagian Barat Tengah (PERMIAS) menggelar perlombaan “The Amazing Mildwest Race” untuk menggalang donasi sebesar US $ 600 (sekitar Rp.8.6 juta) untuk anak-anak di Indonesia.

Berlangsung secara virtual karena situasi pandemi, Sabtu (6/3), kompetisi sekaligus ajang silaturahim ini diikuti oleh 25 tim, tidak hanya mahasiswa Indonesia di kawasan Midwest, AS, tetapi juga oleh PERMIAS dari California dan Kanada. serta Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman dan Prancis.

Semangat acara ini adalah koneksi dan komunikasi. Semangat untuk memberi kembali ke Indonesia (spirit to give back to Indonesia – red), “kata Ketua PERMIAS Chicago Phoebe Liandyartha seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, Minggu.

Mahasiswa University of Illinois at Chicago ini menekankan bahwa situasi pandemi tidak menyurutkan semangat mereka untuk berkreasi dengan mengadakan kompetisi online, untuk kemudian menyumbangkan hasilnya kepada yang membutuhkan.

“COVID-19 menyerang semua pihak tanpa kecuali, kami ingin membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan sebanyak yang kami bisa,” kata Phoebe.

“The Amazing Midwest Race” mengambil konsep yang mirip dengan balapan “The Amazing Race” yang disiarkan di televisi, tetapi berlangsung di ruang rapat online. Setiap tim peserta yang terdiri dari dua orang berpindah dari satu ruang online ke ruang lain untuk menyelesaikan serangkaian tantangan.

Uniknya, tantangan yang diberikan ada kaitannya dengan Indonesia, mulai dari teka-teki nama tempat, menyanyikan lagu daerah, hingga meniru gerakan tari tradisional.

Melalui kompetisi ini, para siswa juga mengumpulkan donasi sebesar 600 dolar AS (sekitar Rp8,6 juta) yang akan disalurkan ke NGO Project Child Indonesia untuk mendukung dua proyek mereka yaitu Beach School dan River School yang bertujuan untuk memberikan bantuan pendidikan. kepada anak-anak yang membutuhkan. di tepi sungai dan pantai di Indonesia.

Konsul Penerangan dan Sosial Budaya, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago, Benny Kurnia Rahman mengatakan, keunikan cara dan kreativitas para mahasiswa ini patut diapresiasi. Pertemuan online yang biasanya diadakan untuk pertemuan dan seminar kali ini disulap oleh siswa untuk kegiatan yang menyenangkan dan mendidik.

Dengan mengambil tema Indonesia, para peserta bisa mengenal negaranya lebih dalam sekaligus mengobati kerinduannya pada negaranya. Selain itu juga terdapat pesan moral untuk memelihara dan mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama yang merupakan aset penting dalam membangun karakter generasi muda masa depan bangsa.

Momentum kegiatan di awal tahun ini sangat tepat untuk menjaga silaturahmi dan menumbuhkan kembali kebersamaan mahasiswa Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Midwest.

“Sebagai sesama duta nasional, kami memiliki misi yang sama yaitu mengenalkan Indonesia kepada masyarakat AS, serta membangun jaringan, hubungan baik dan ikatan antara Indonesia dan AS,” kata Benny.

PERMIAS telah menjadi mitra penting KJRI Chicago dan perwakilan RI lainnya dimanapun mereka berada. Benny menegaskan, kebersamaan ini sangat penting untuk kedepannya kerjasama dengan KJRI Chicago dalam kegiatan kedepannya.

Baca juga: Permias mengadakan webinar tentang Indonesia dalam menghadapi pandemi
Baca juga: Tim Permias COVID-19 memberikan penyuluhan bagi pelajar Indonesia di AS
Baca juga: KJRI, pelajar di Chicago berdiskusi tentang pemulangan terkait larangan mudik

Reporter: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
REPOST BY RADAR CIANGSANA 2021

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button