Info Aktual

Pemberantasan Rokok Ilegal, Bea Cukai Gencar Sosialisasikan Cara Identifikasi Pita Cukai

Bea dan Cukai mengadakan kegiatan identifikasi keaslian stempel cukai pada tahun 2021. Foto: Bea Cukai.

Radarciangsana.com, BOGOR – Bea Cukai Bogor dan Bea Cukai Labuan Bajo akan menggelar kegiatan identifikasi keaslian pita cukai pada tahun 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah dalam penggunaan dana bagi hasil memotong hasil tembakau (DBHCHT) serta meningkatkan pemahaman masyarakat dan instansi pemerintah lainnya di bidang cukai.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan peran dan pemahaman pemerintah daerah dalam memberikan sosialisasi ketentuan di bidang cukai,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Bogor Wahyu Setyono Widyobroto.

Beberapa pihak yang hadir antara lain perwakilan Pemerintah Kota Bogor, Depok, Sukabumi, Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Dalam rangka pengelolaan DBHCHT, pemerintah daerah didorong untuk melaksanakan program / kegiatan terkait upaya pemberantasan peredaran produk tembakau ilegal.

Salah satu caranya adalah dengan mengidentifikasi stempel cukai.

“Upaya identifikasi bisa dilakukan secara kasat mata, dengan kaca pembesar, atau dengan alat pendeteksi pita cukai,” kata Inspektur Bea dan Cukai I Bogor Andi Wahyu.

Tak ketinggalan, Bea dan Cukai Labuan Bajo juga menggelar sosialisasi serupa dengan mengundang para pengusaha barang kena cukai yang memiliki lokasi usaha di kawasan Kabupaten Sikka.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button