Kilas Info Daerah

Pemerintah Kota Buka Gerbang Produk Kota Bandung ke Hong Kong

BANDUNG | Radarciangsana.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuka komunikasi kerja sama dengan Hong Kong. Kerja sama kali ini khusus dijalin untuk mendorong produk-produk asal kota Bandung menembus pasar Hongkong.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Kota Bandung saat ini membutuhkan perluasan pasar agar bisa berkembang. Hal tersebut disampaikannya langsung saat menerima Direktur Jenderal Kantor Perdagangan dan Ekonomi Hong Kong (HKETO) Jakarta, Kin Wai Law.

“Memang di tengah pandemi Covid-19, pengusaha di Bandung butuh lebih banyak pemasaran. Agar tawaran yang diajukan pihak Hongkong bisa membuka kerja sama,” kata Yana di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Jumat, Mei 2018. 28, 2021.

Yana berharap pertemuan kali ini bisa ditindaklanjuti menjadi business matching antara pengusaha asal Hongkong dengan kota Bandung. Sehingga diharapkan ada transaksi langsung dari pengusaha Hong Kong untuk menampung produk dari kota Bandung.

Pengusaha di Bandung cukup banyak, lanjut Yana, dan tidak hanya mereka yang tergabung dalam sejumlah organisasi. Namun banyak masyarakat pada umumnya yang memiliki kualitas produksi yang mumpuni dan berada di bawah bimbingan langsung Pemerintah Kota Bandung.

“Mudah-mudahan ada bisnis langsung antara pengusaha yang produknya kita kurasi dan pembeli langsung dari Hongkong. Karena pengusaha ini belum tentu ikut berorganisasi, karena cukup banyak pengusaha yang kita bina dan bergerak di bidang kuliner, fashion dan kerajinan tangan, “jelasnya.

Pencocokan bisnis internasional ini sebelumnya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Tahun lalu, pembeli dari Australia, Afrika, dan Eropa berhasil diboyong menjadi pasar bagi produk-produk yang diproduksi warga Kota Bandung.

“Seperti di Belgia, kemarin kita pemilik supermarket. Dia jadi pembeli langsung. Mungkin Juni ini ada beberapa kontainer yang dikirim ke sana,” tambah Yana.

Untuk itu, Yana memastikan Pemerintah Kota Bandung akan terus berupaya membina dan memperbaharui kualitas hasil produksi kreasi warga Kota Bandung. Termasuk dalam urusan penampilan dan produk agar dapat memenuhi standar pasar internasional.

“Kita dorong warga Bandung untuk terus berinovasi, karena kita tidak tahu pandemi ini akan lama kelamaan. Kita memfasilitasi produk yang mereka hasilkan agar kemasannya bagus, ada sertifikat halal, ada fakta nutrisinya, semoga ketemu. persyaratan untuk pasar di Hongkong, ”jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Hong Kong Economic And Trade Office (HKETO) Jakarta, Kin Wai Law, menyatakan pihaknya merupakan perwakilan pemerintah Hong Kong di Indonesia yang fokus pada peningkatan hubungan perdagangan bilateral dan pembangunan ekonomi.

Kin menilai Kota Bandung merupakan kawasan yang sangat potensial untuk perdagangan dan pengembangan ekonomi. Bahkan, ia mengaku sudah mempelajari iklim ekonomi di Kota Bandung dengan berdiskusi dengan sejumlah organisasi seperti Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). ).

“Para pebisnis di Bandung sangat inovatif, ini kabar baik melihat potensi mereka untuk memasuki pasar ke Hongkong. Kami juga memiliki hubungan baik dengan pemerintah daerah agar kedepannya kita bisa bersinergi dalam pertukaran bisnis dan perdagangan,” ucapnya. Kin.

Kin sangat senang melihat Pemerintah Kota Bandung sangat antusias berinisiatif melakukan pertukaran bisnis. Ia juga akan mengundang sejumlah pelaku usaha Hongkong untuk datang ke Bandung, dan juga mengundang para pengusaha dari Kota Kembang untuk hadir di kota berjuluk Mutiara Timur itu.

“Seperti yang kita ketahui saat terjadi pandemi, kita harus terus bisa memberikan informasi ini kepada para pebisnis. Para pebisnis biasanya membawa produknya untuk kegiatan bisnis di Hongkong. Sehingga bisa diperkenalkan secara internasional dan akhirnya bisa di pakai. dijual secara global, “katanya.

Reporter: Nu

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button